Cara Memperbaiki SD Card Tidak Terbaca, Tanpa Perlu di Format

FAJAR Pendidikan

Kehadiran dari memori eksternal Secure Digital Card (SD Card) menjadi barang yang begitu dibutuhkan. Meski kini kebanyakan ponsel maupun perangkat elektronik sudah memiliki memori internal yang besar, namun tetap saja SD Card tak bisa disepelekan.

Tak jarang sering kali kita dibuat harap-harap cemas ketika tiba-tiba SD Card tidak bisa terbaca, apalagi jika isinya menyangkut hal penting dan belum sempat di-back up. Berikut cara memperbaiki SD Card tidak terbaca tanpa format.

Salah satu cara yang banyak dilakukan saat mendapati SD Card tidak terbaca adalah dengan cara memformat SD Card tersebut. Meski cara ini bisa membuat SD Card kembali bisa terbaca, namun konsekuensi yang akan Anda terima adalah isi dari SD Card tersebut dipastikan akan hilang.

Kendati demikian Anda tak perlu panik berlebihan, mengingat masih terdapat beberapa cara selain dengan memformat yang bisa dilakukan untuk memperbaiki memori berjenis SD Card ini agar bisa kembali lagi terbaca oleh gawai kesayangan Anda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara untuk memperbaiki SD Card tidak terbaca tanpa format yang ternyata mudah banget.

BACA JUGA :   Hari Semakin Pendek, Catatan Rekor dari Ilmuwan Berikut Ini

1. Bersihkan SD Card

Salah satu alasan SD Card tidak terbaca biasanya lantaran kotor. Untuk itu yang patut Anda coba pertama kali adalah dengan cara membersihkan SD Card tersebut.

Bersihkan pada bagian lempengan tembaga yang berada di ujung SD Card dengan kain halus atau kapas sampai bersih.

Anda tak perlu menambahkan cairan apa pun saat membersihkan bagian tembaga ini karena hal tersebut justru bisa membuat SD Card milik Anda akan semakin rusak.

Anda juga tidak dianjurkan membersihkannya dengan menggunakan benda-benda yang keras atau kasar karena rentan menggoresnya.

2. Coba pasang SD Card di perangkat lain

Sering kali kita tak menyadari jika ternyata ada beberapa jenis SD Card yang tidak sesuai dengan gawai yang Anda miliki. Saat mendapati SD Card tidak terbaca pada gawai baru, Anda bisa mencobanya dengan gawai lainnya.

Jika ternyata bisa terbaca, maka Anda bisa mencari tahu jenis SD Card apa yang sesuai dengan perangkat elektronik yang Anda miliki. Terkadang terlalu besar kapasitas dari SD Card juga bisa menjadi penyebab tidak terbacanya SD Card tersebut.

BACA JUGA :   Daftar Harga HP Samsung Terbaru Agustus 2022, Mulai Rp 1 Jutaan

3. Memperbaiki SD Card melalui PC atau komputer

Memperbaiki SD Card melalui PC atau komputer menjadi cara memperbaiki SD Card tidak terbaca tanpa format berikutnya yang bisa Anda lakukan jika dua cara di atas masih belum berhasil untuk mengembalikan fungsi dari SD Card milik Anda. Berikut tahapannya:

  • Masukkan SD Card dengan perantara card reader pada PC atau komputer
  • Buka Windows Explorer lantas pilih File Explorer
  • Setelah itu, klik kanan pada Drive kartu memori dan kemudian pilih bagian Properties
  • Kemudian yang harus Anda lakukan adalah memilih bagian Tools dan klik pada bagian kolom Check Now
  • Ceklis pada kolom yang terdapat tulisan automatically fix systems errors
  • Lalu scan for and attempt recovery of bad sector
  • Klik start dan tunggu hingga proses tersebut selesai.

Jika beberapa cara di atas juga tidak berhasil membuat SD Card milik Anda bisa terbaca kembali di perangkat elektronik, maka mau tidak mau memformat SD Card menjadi cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki problem SD Card tidak terbaca.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI