- Advertisement -

Clean Sheet Adalah? Ini Sejarah dan Cara Hitungnya

Clean Sheet Adalah? Ini Sejarah dan bagaimana cara hitungnya? Artikel ini membahas istilah dalam sepak bola ini. Nah, istilah ini merupakan suatu hal dimana sebuah tim sepak bola tidak mengalami kebobolan atau nirbobol dalam sebuah laga.

Istilah Clean Sheet bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia bisa berarti lembar yang bersih. Namun dalam dunia sepak bola, clean sheet memiliki arti sebuah tim tidak mengalami kebobolan selama satu pertandingan.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Istilah ini biasanya menjadi penilain kehebatan seorang kiper tim. Semakin sering Clean Sheat seorang kiper, kiper itu dinilai semakin hebat.

BACA JUGA:  Gambar Lapangan Takraw lengkap Dengan Ukuran dan Penjelasannya;

Sejarah Istilah Clean Sheet

Sekitar tahun 1930-an, hampir di setiap pertandingan sepak bola, para reporter olahraga selalu memiliki selembar kertas putih yang berisi daftar susunan pemain.

Kertas putih itu bukan hanya berisi daftar susunan pemain saja, tetapi juga ada daftar pemain pengganti, pelatih, wasit, dan lain sebagainya. Namun, sepak bola dahulu kertas tersebut bukan hanya berisi daftar susunan pemain, melainkan juga kolom catatan gol.

BACA JUGA:  Gambar Lapangan Takraw lengkap Dengan Ukuran dan Penjelasannya;
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Jadi, jika sebuah tim gagal mencetak gol dalam satu pertandingan, satu kolom di bagian tersebut tetap dibiarkan kosong atau bersih. Kolom catatan gol yang tetap dibiarkan kosong atau bersih itu nantinya akan dilaporkan oleh ofisial. Di sini, ofisial melaporkan bahwa lembar (sheet) gol adalah kosong atau bersih (clean).

Oleh karena itu, kredit ini akan diberikan kepada kesebelasan yang tidak kebobolan gol dalam satu pertandingan penuh, terutama sang penjaga gawang atau kiper.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: