Contoh Paragraf Sebab Akibat Lengkap Jenis-Jenis dan pengertiannya

Contoh Paragraf Sebab Akibat Lengkap Jenis-Jenis dan pengertiannya, Paragraf ini adalah sebuah karangan yang berisi tentang pola pikir induktif yang mana gagasan utamannya terletak di akhir paragraf.

- Advertisement -

Dilansir dari laman Materibelajar.co.id, berikut ini penjelasan lengkap dari Contoh Paragraf Sebab Akibat Lengkap Jenis-Jenis dan pengertiannya. Simak di bawah ini..

Ciri-Ciri Paragraf Sebab Akibat

Paragraf ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Awal kalimat adalah berisi sebab sebuah peristiwa, hal ini karena paragraf ini adalah pengembangan dari induktif
  • Biasanya pada paragraf ini adalah telah menjelaskan banyak masalah dan peristiwa yang biasa di kenal dengan sebab. Dari sebab- seba tersebut kemudian di simpulkan menjadi akibat.
  • Gagasan pokok berada di akhir paragraf dan biasa di kenal dengan akibat.
  • Terdapat ketersinambungan yang kongkrit di antaran sebab hingga menjadi sebuah akibat.
  • Gagasan utamanya terletak pada bagian akhir kalimat atau kalimat yang  biasa di sebut akibat

Jenis-Jenis Paragraf Sebab Akibat

Sebab Akibat

- Advertisement -

Paragraf ini lebih cenderung ke kalimat – kalimat yang memaparkan sebab – sebab kemudian di akhiri dengan akibat. Artinya bahwa paragraf ini ke khusus dulu baru ke umum. Berikut contohnya :

Yuli seorang pelajar yang pandai. Biasanya dia belajar sehari 3 jam di rumah belum lagi di sekolah. Dia selalu mengulang materi yang di ajarkan oleh gurunya di sekolah.  Setiap hari dirinya membuat PR meski tidak diberi oleh gurunya.  Dia juga selalu rajin berangkat kesekolah jam 06.45 AM dia sudah di sekolah. Untuk masalah Piket harian untuk bersih – bersih dia selalu rajin membersihkan lantai hingga dinding kelas.

Dia anak yang aktif bertanya kepada gurunya jika tidak paham mengenai materi yang telah disampaikan oleh gurunya. Mengenai catatan dia selalu menulis materi yang dipaparkan oleh gurunya sehingga dia tidak akan ketinggalan materi. Maka takheran segala kerajinan yang di lakukan membuat dia selalu ranking satu dikelasnya.

BACA JUGA:  Batuan Metamorf - Pengertian, Siklus dan Contoh

Akibat Sebab

Paragraf ini di mulai dari kata umum kemudian ke kata khusus. Hal ini artinya bahwa paragraf ini di awali dengan akibat – akibat yang di timbulkan kemudian di simpulkan hingga ke sebab.

Adapun contohnya sebagai berikut :

Panen petani tahun ini memiliki kemunduran bahkan sangat tidak memuaskan. Beberapa hektar sawah telah di panen namun hasilnya nol. Hal ini di karenakan oleh beberapa padi yang mati padahal belum di panen, bukan hal yang tidak mungkin jika hama sawah yang menjadi pelakunya. Hama sawah yang menyerang padi seperti tikus , walangs sangit dan lain – lain. Para petani mengeluh karena kesulitan ini berdampak pada kebutuhan  lainnya. pasalnya panen gagal dan mereka harus memenuhi kebutuhan sehari – hari. Selain itu gagal panen ini juga mengakibatkan beras yang di hasilkan semakin kurang berkualitas. Ini semua diakibatkan oleh karena kemarau yang panjang di daerah kami.

Sebab Akibat 1 Akibat 2

Paragraf ini berisi tentang sebab sebuah peristiwa yang di timbulkan beberapa akibat yakni akibat 1 dan akibat 2.Adapun contoh dari paragraf ini adalah :

Pembuangan limbah pabrik yangsemabrangan sangat mengecewakan warga di desaku. Hal ini karena pembuangan inimenagkibatkan beberapa dampa negarif yang terjadi di desaku. Air di sumurmenjadi warna coklat dan tidak jernih serta berbau belerang yang sangat tidaklayak untuk di minum. Hal ini menyebabkan banyak warga yang kesulitan mencariair bersih untuk mandi dan minum. Selain itu  pembuangan ini juga mengakibatkan gas limbahmeluap yang menyebabkan pemukiman warna semakin bau belerang.

BACA JUGA:  Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah dan Contoh

Contoh Paragraf Sebab Akibat

Pada masa sekarang ini semakin banyak penebangan pohon secara liar di lakukan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini menyebabkan hutan semakin gundul. Belum lagi penanaman pohon sangat lama untuk tumbuhnya. Selain itu penebangan liar menyebabkan beberapa pemukiman di bawah hutan tersebut terkena longsor. Ini sangat merugikan warga setempat karena rumah warga porak – poranda karena longsor. Setapak jalan  juga menjadi licin, tak heran banyak orang yang susah dalam melewati jalan setapak tersebut. mobilitas warga sangat terganggu, hal ini dapat mengakibatkan jalan tersebut rawan akan kecelakaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai paragraf sebab akibat yang kamu harus tau.

F.A.Q

Apa itu paragraf sebab akibat?

Paragraf ini adalah sebuah karangna yang berisis tentang pola pikir induktif yang mana gagasan utamannya terletak di akhir paragraf.

Paragraf kausatif adalah nama lain dari paragraf ini, pasalnya dalam paragraf ini terdapat berisi tentang sebuah sebab dan akibat peristiwa.

Apa ciri-ciri paragraf sebab akibat ?

1. Awal kalimat adalah bersis sebab sebuah peristiwa, hal ini karena paragraf ini adalah pengembangan dari induktif
2. Biasanya pada paragraf ini adalah telah menjelaskan banyak masalah dan peristiwa yang biasa di kenal dengan sebab. Dari sebab- sebab tersebut kemudian di simpulkan menjadi akibat.
3. Gagasan pokok berada di akhir paragraf dan biasa di kenal dengan akibat.
4. Terdapat ketersinambungan yang konkrit diantaran sebab hingga menjadi sebuah akibat.
5. Gagasan utamanya terletak pada bagian akhir kalimat atau kalimat yang  biasa di sebut akibat

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: