Contoh Teks Pidato Tema Kemerdekaan, Semarakan HUT RI Ke-77

FAJAR Pendidikan

Teks Pidato Hari Senin Tema Kemerdekaan. Dalam upacara bendera biasanya diisi dengan berbagai acara, satu di antaranya penyampaian pidato bertema kemerdekaan oleh pembina upacara.

Selain itu, untuk menyemarakkan momen Hari Ulang Tahun Ke-77 Republik Indonesia, biasanya di sekolah-sekolah mengadakan lomba pidato.

Menyusun teks pidato bisa dikatakan susah-susah gampang. Bagi kamu yang kesulitan menyusun teks pidato untuk peringatan HUT Ke-77 RI, tidak perlu khawatir. Teks Pidato Tema Kemerdekaan

Contoh Teks Pidato Singkat tentang Kemerdekaan 

Assalamualaikum wr, wb.

Kepada Bapak kepala sekolah yang terhormat

Kepada Ibu/Bapak Guru yang saya hormati

Serta rekan-rekan sekalian yang saya cintai

Puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat-Nya atas beribu nikmat dan hidayah-Nya kita dapat dikumpulkan bersama di ruang ini dalam keadaan sehat. Selawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad saw.

Sungguh di hari yang sangat bersejarah ini, saya diberi kesempatan agar dapat menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di sekolah yang kita cintai.

Hadirin yang berbahagia,

BACA JUGA :   Daur Hidup Katak : Siklus, Fase, Urutan, Cara Berkembang Lengkap Gambar

Setiap 17 Agustus, negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Momen 17 Agustus merupakan hari di mana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Ucapan rasa syukur, bangga serta bahagia atas kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema di setiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakan, dan meneriakan kemerdekaan dengan tegasnya, Merdeka, Merdeka, Merdeka!

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukan hal yang mudah. Segalanya memerlukan perjuangan baik  jiwa maupun raga.

Beribu tahun negeri kita telah dijajah, diinjak-injak dan dirampas kemerdekaannya dan kesejahteraannya oleh para penjajah yang kejam. Beribu kali peperangan, beribu nyawa serta beribu liter darah telah terkorbankan atas kebiadaban para penjajah.

Namun, bak ulat yang tak selamanya menjadi ulat, akhirnya para pahlawan berhasil meraih kemerdekaan. Jalan Pegangsaan Timur yang telah menjadi saksi bisu diumumkannya secara tegas proklamasi untuk kali pertama. Akhirnya para pejuang dapat mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan bangga diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadirin yang berbahagia,

BACA JUGA :   Daur Hidup Kupu Kupu : Siklus, Urutan, Gambar, & Cara Berkembang

Setelah mendengar kerja keras serta kegigihan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan, sudah semestinya kini sebagai bangsa Indonesia kita dapat menghargai dengan mengisi Hari Kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif atas  semangat dan memiliki rasa nasionalisme yang besar sehingga kita dapat ikut andil dalam memeriahkan kemerdekaan.

Semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal. Namun, hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar, dan belajar agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi jika kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka itu, marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua. Kurang lebihnya saya dalam bertutur kata, dengan kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr, wb.

Sumber:  Geograph88

VIDEO: Kenapa Kanker Susah Sembuh?

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI