Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed. menerima kunjungan balasan dari rombongan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi. Jumat, 13 Desember 2019.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Dekan FKM Unhas ke FKM Universitas Jambi beberapa waktu yang lalu dan hasil dari penandatanganan MoU antara kedua belah pihak.

Dekan FKM Universitas Jambi, Andy Amir, SKM., M Kes. yang didampingi oleh beberapa staf yaitu, Wakil Dekan BUPK, Dwi Noerjoedianto, SKM., M Kes., M Ridwan, SKM., M Kes., Ismi Nurqaqiah Ibnu, S Gz., M Kes., dan Dewi Syafitriani, SKM. menyampaikan sejarah awal pembentukan FKM Universitas Jambi ini.

“Suka duka pembukaan program studi dan fakultas. Dimana saya dan tim harus bergerak cepat membuat naskah akademik, proses pengurusan di Dikti sampai lahirnya FKM Universitas Jambi,” kenangnya.

Baca Juga :   Ketua Persakmi Wilayah IV Menilai Kemenkes Diskriminasi terhadap SKM

“Harapan kami dalam kunjungan ini, ingin belajar bersama dengan FKM Unhas termasuk dalam hal proses belajar, penjaminan mutu, laboratorium dan program blended learning ini. kami tertarik dengan program blended learning ini, untuk mendorong staf kami bisa lanjut S3 di Universitas Hasanuddin,” harapnya. 

Dekan FKM Unhas menyambut baik kunjungan kerjasama ini.

Dekan dalam sambutannya mengatakan, selama kepemimpinannya yang didukung oleh tim, sudah hampir sekitar 40 kerjasama yang berjalan dengan berbagai level. Baik di dinas kesehatan kabupaten/kota, provinsi sampai pada level kementerian.

Di level kementerian kesehatan, kata  Aminuddin, ada beberapa kerjasama yang sifatnya peningkatan kapasitas, pendampingan tata kelola rumah sakit dan kesehatan dan pendampingan posyandu untuk penurunan prevalensi stunting.

“Kerjasama institusi pendidikan juga banyak dilakukan misalnya kerjasama dengan Universitas Tadulako untuk Program blended learning S2 dan S3. Demikian pula kerjasma dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Wamena Papua pada program blended learning S2,” paparnya.

Baca Juga :   Program Studi Doktor Kesehatan Masyarakat Unhas Gelar Kuliah Perdana

Terdapat pula program kerja yang melibatkan perguruan tinggi di luar negeri diantaranya, Griffith University, Monash University dan Projek RISE.

Hadir dalam kunjungan penerimaan ini, dari pihak FKM Unhas adalah para wakil dekan FKM Unhas, Ketua Program Studi S2 dan S3, Ketua dan Sekretaris Penjaminan Mutu, Ketua Laboratorium, KTU, dan para kasubag dan beberapa staf kepegawaian.

Setelah acara penerimaan, dilanjutkan dengan sesi poto bersama dan setelah itu dilakukan kunjungan laboratorium, blended learning dan Gugus Penjaminan Mutu.

Beberapa program diharapkan dapat meningkatkan termasuk pembukaan program studi S2 Kesmas di FKM Universitas Jambi dan program lainnya misalnya kuliah tamu, conference dan pelatihan.(FP)