Simbol O Pada Golongan Darah Harusnya Dibaca Nol

Ilustrasi Golongan Darah [Foto: Int]

Makassar, FajarPendidikan.co.id–  Setiap orang memiliki jenis golongan darah yang berbeda-beda, ada yang mempunyai golongan darah A, B, AB, dan O.

Biasanya golongan darah sesorang ditentukan dari faktor genetik orang tuanya. Golongan darah O adalah golongan darah yang paling umum dimiliki oleh penduduk dunia.

Ada yang unik soal penyebutan golongan darah O  ini di Indonesia, kebanyakan masyarkat membacanya dengan golongan “o” (huruf alfabet). Padahal penyebutan itu salah, harusnya golongan darah dengan simbol O dibaca “nol” bukan “o”.

BACA JUGA :   Polres Bone Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Calon Tamtama Polri Tahun 2022

Mengapa simbol O pada penyebutan golongan darah disebut nol ? Golongan darah A mempunyai sel darah dengan Antigen A, Golongan darah B mempunyai sel darah dengan Antigen B, Golongan darah AB mempunyai sel darah dengan Antigen A dan B. Sementara golongan darah O sel darahnya diketahui tidak memiliki antigen sama sekali.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Pemuda Madiun yang Ditetapkan Tersangka Kasus Bjorka

Jadi alasan mengapa disebut golongan darah nol akrena berdasarkan jumlah antigennya, golongan darah nol tidak mempunyai antigen sama sekali.

Apa itu antigen ? Antigen adalah zat yang merangsang respon imun, terutama dalam menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh. Antigen biasanya tersusun oleh protein. (berbagai sumber)