Mahasiswa FKM Unhas Ikut Pembekalan Magang Epidemiologi

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka implementasi kegiatan Merdeka Belajar bagi mahasiswa, Departemen Epidemiologi FKM Unhas, akan melakukan magang epidemiologi di beberapa instansi pemerintah.

Pada hari Selasa, 14 September 2021 dilaksanakan kegiatan pembekalan secara daring bagi mahasiswa Epidemiologi yang akan melaksanakan magang pada beberapa instansi diantaranya di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar, Kantor BTKLPP Makassar, beberapa kantor Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan, serta Rumah Sakit Universitas Hasanuddin pada tanggal 15 September – 15 Oktober 2021.

Kegiatan pembekalan diawali dengan pengarahan kepada 24 orang mahasiswa Departemen Epidemiologi yang akan melaksanakan kegiatan magang oleh Ketua Departemen Epidemiologi, Dr. Wahiduddin, SKM, M,Kes, yang dalam arahannya meminta mahasiswa memanfaatkan kegiatan magang untuk meningkatkan pengetahuan tentang dunia kerja, baik dalam hal konsep keilmuan maupun aplikasi praktisnya.

”Mahasiswa juga bisa melakukan bertukar ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh selama kuliah sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi kompetisi nantinya,” kata Wahiduddin.

Selain itu, sambungnya, karena magang epidemiologi ini dilakukan di masa Pandemi Covid-19 para mahasiswa juga tetap diminta menjaga diri dan kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan kegiatan magang.

Sementara itu penanggung jawab Magang Epidemiologi, Indra Dwinata, SKM, MPH, dalam paparan materi pembekalan menyampaikan beberapa hal terkait tujuan program magang epidemiologi, capaian pembelajaran, aturan, tugas dan aktifitas mahasiswa selama magang sampai proses penilaian akhir.

“Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa nantinya sudah siap melaksanakan aktifitas magang di instansi yang telah mereka pilih,” ungkap Indra.

Selain itu, untuk membimbing mahasiswa magang epidemiologi juga akan diangkat pembimbing akademik yang berasal dari dosen Departemen Epidemiologi serta pembimbing lapangan yang berasal dari instansi tempat magang yang akan bertugas mengarahkan mahasiswa selama kegiatan magang.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI