- Advertisement -

Deretan Makanan yang Sehat untuk Pengidap Asam Urat

Pengidap asam urat harus menghindari makanan yang banyak mengandung purin, agar kadar asam urat dalam darah tidak melonjak. Di sisi lain, ada beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi karena menyehatkan.

Berikut ini jenis makanan untuk pengidap asam urat yang boleh dikonsumsi:

1. Buah-buahan

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pengidap asam urat harus membatasi konsumsi makanan tertentu. Namun, jangan sampai hal ini malah membuat kebutuhan nutrisi harian menjadi tidak terpenuhi. Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi lebih banyak adalah buah-buahan segar. Pengidap asam urat bisa mengonsumsi buah, seperti jeruk, melon, dan apel.

BACA JUGA:  Ini Daftar Makanan Tinggi Gula, Lebih Baik Komsumsi Buah

2. Wortel 

Selain buah-buahan, sayur seperti wortel juga baik untuk dikonsumsi oleh pengidap asam urat. Selain itu, tomat juga bisa menjadi pilihan makanan sehat.

3. Kentang

Makanan sumber karbohidrat kompleks juga boleh dikonsumsi lebih banyak. Pengidap asam urat bisa mengonsumsi kentang atau beras merah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari.

4. Susu dan Olahannya

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Makanan selanjutnya yang boleh dikonsumsi adalah susu dan olahannya. Biar tetap sehat, perbanyak konsumsi susu, keju, serta yogurt rendah lemak tanpa pemanis tambahan.

BACA JUGA:  Jenis-Jenis Gangguan Mental yang Perlu Diwaspadai

Ingatlah untuk Rutin Minum Air Putih

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang disarankan, pastikan juga untuk rutin minum air putih. Orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air putih setiap hari. Hal ini mampu mencegah asam urat kambuh dan mengganggu aktivitas fisik sehari-hari.

Sumber: Halodoc.com

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: