Desa Tea Musu Bakal jadi Barometer di Bone

spot_imgspot_img

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Desa Tea Musu Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone disebut akan menjadi barometer pemerintahan desa khususnya di Kecamatan Ulaweng Bone. Hal ini disampaikan Kasi PPMD Kecamatan Ulaweng Sulfiadiyanto saat menghadiri Muspil Anggota BPD Tea Musu belum lama ini.

“(Pemerintah) Desa Tea Musu akan mengupayakan untuk selalu
menjadi barometer pemerintahan desa di Kecamatan Ulaweng,”ungkap Sulfiadiyanto di hadapan hadirin

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait barometer pemerintahan desa yang dimaksudnya, ia hanya lanjut mengucapkan selamat kepada para calon BPD terpilih di Desa Tea Musu.

“Selamat ke calon yang terpilih. Itu merupakan suatu tanggungjawab yang besar sebenarnya. Bukan suatu keberhasilan untuk dipilih, tapi itu tanggungjawab kita, titik awal untuk bagaimana mengawal pelaksanaan pemerintahan kedepan,”ungkapnya

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan perihal kehadiran dari unsur kecamatan di kegiatan desa, yakni sebagai pemantau dan pengawas Muspil BPD Tea Musu saat itu. Kata dia, pihaknya akan memberi saran dan solusi jika dibutuhkan.

Selain itu, ia juga menyampaikan pandangannya seputar Muspil BPD Tea Musu. Menurutnya hal yang muncul di musyawarah merupakan dinamika menjadikan desa Tea Musu yang paling aktif. Sebab, kata dia, tidak semua desa menggelar musyawarah ada umpan balik antara pimpinan sidang dan peserta.

“Itu membuktikan Desa Tea Musu ini memang benar-benar dilaksanakan secara profesional,”katanya.

“Walaupun kita berusaha menjadi bijak, tapi manusia tidak diciptakan untuk bijak, hanya untuk mencintai kebijakan,”katanya lagi.

Diketahui, Muspil BPD Tea Musu Priode Tahun 2021-2027 digelar di Aula Kantor Desa setempat, Kamis (15/7/2021) sekira pukul 13:37 Wita hingga sore hari sempat membuat pusing sejumlah unsur masyarakat yang diundang dan para calon BPD Tea Musu.

Baca Juga :   Inovator Desa, Kakanwil DJPb Sulsel Terima Penghargaan Bupati Bone

Kepusingan dipicu oleh sejumlah saran dan perbedaan mekanisme yang disampaikan oleh panitia dari yang sebelum diadakannya Musyawarah Pemilihan dan Penetapan Calon Keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa Tea Musu Kecamatan Ulaweng Bone Priode Tahun 2021-2027.

Calon anggota BPD Tea Musu yang sebelumnya mendaftar sebagai calon perwakilan perempuan beralih menjadi calon perwakilan wilayah dusun, disepakati menjadi anggota BPD di Tea Musu Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone Priode Tahun 2021-2027. Selain itu, calon tunggal dan yang tidak menghadiri musyawarah pemilihan juga disepakati menjadi anggota BPD Tea Musu.

Ketua Panitia Pengisian Anggota BPD Tea Musu Amastang saat pelaksanaan Musyawarah Pemilihan dan Penetapan Keanggotaan BPD Tea Musu berlangsung memberikan pilihan kepada peserta atau calon untuk kembali memilih antara mendaftar sebagai keterwakilan wilayah dusun atau tetap perwakilan perempuan.

Baca Juga :   KPPN Ikut Gowes CEO FBC hingga Berbagi ke Pondok Pesantren

“Misalnya perwakilan (dusun) Cappabulu yang awalnya sudah mendaftar keterwakilan perempuan, bisa saja hari ini menentukan pilihannya kembali,”ungkapnya

“Kemudian untuk keterwakilan dusun, kita ambil dari keterwakilan dusun paling luas. Data yang ada jumlah penduduk dusun (terbanyak) itu ada di Alinge Riawang mengacu SDGs 2021. Artinya untuk Alinge Riawang harusnya dua keterwakilan wilayah,”lanjutnya

Kendati diantara hadirin ada mempertanyakan kesesuaian dengan mekanisme terhadap langkah yang diambil, namun penyampaian tersebut kemudian direspon hadirin dan akhirnya tetap disepakati oleh hampir semua unsur masyarakat yang mendapat undangan hadir.

Selain itu, juga disepakati calon yang tidak hadir tetap bisa lanjut dipilih sebagai anggota BPD Tea Musu priode 2021-2027. Bagi calon tunggal di wilayah dusun disepakati langsung terpilih sebagai anggota BPD. Sementara dua dusun yang punya lebih dari satu calon dilakukan pemilihan dengan sistem perwakilan oleh 27 orang pemilih yang diundang dari lima dusun.

Baca Juga :   Patroli SAR Brimob Bone Bantu Korban Laka Lantas

Daftar nama warga yang diundang mewakili suara masyarakat dalam Musyawarah Perwakilan Pemilihan dan Penetapan BPD Tea Musu
Daftar nama warga yang diundang mewakili suara masyarakat desa dalam Musyawarah Pemilihan dan Penetapan Anggota BPD Tea Musu beberapa waktu lalu

Adapun nama calon yang terpilih sebagai anggota BPD Tea Musu, yakni Toni Karisman anggota BPD Perwakilan Alinge Riawang, Aldi anggota BPD Perwakilan Todda Bonga, Andi Sumarni anggota BPD Perwakilan Dusun Cappa Bulu, Ruslan anggota BPD Bola Mallimpoe, Jamal anggota BPD Alinge Riawang, Idris anggota BPD Watang Alinge, dan Susianti anggota BPD Perwakilan Perempuan.

Sebelumnya, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Ulaweng Bone Hasbullah menyampaikan beberapa hal terkait musyawarah pengisian atau pemilihan anggota BPD desa Tea Musu.

Kata dia, berdasarkan regulasi, melihat daerah desa Tea Musu memiliki tujuh orang anggota BPD karena jumlah penduduk memenuhi kuota anggota BPD tersebut. Kuotanya terdiri dari satu dari unsur perwakilan perempuan, dan enam dari perwakilan wilayah.

Calon yang bisa mendaftar anggota BPD perwakilan perempuan adalah harus perempuan. Adapun untuk perwakilan wilayah, perempuan atau pun laki-laki bisa mendaftar perwakilan wilayah dan dipilih sesuai paket yang calon itu mendaftar yakni perwakilan wilayah dusun atau keterwakilan perempuan.

“Jika terdapat misalnya ada kekosongan, tidak mesti bahwa orang yang domisilinya di dusun satu kemudian mendaftar perwakilan di dusun dua, itu tidak jadi permasalahan. Regulasi mengatur, dia adalah domisili dan KTPnya di wilayah desa pemilihan (dalam hal ini di desa Tea Musu),”lanjutnya

Baca Juga :   Viral, Beredar Vidio Mobil Truk Menabrak Mobil Merah, Pelaku Kabur!

“Adapun terkait masalah kuotanya, karena terdapat lima dusun, maka kuotanya tadi (perwakilan) perempuan satu, tambah lima dusun, berarti masing-masing satu, berarti enam, maka masih ada satu kosong, maka kelebihan satu kuota ini diambil dari dusun yang paling terbanyak jumlah penduduknnya mendapatkan dua kuota anggota BPD,”lanjutnya lagi.*

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI