Tuesday, August 11, 2020

Dies Natalis Unhas ke-64, Departemen K3 FKM Unhas Gelar Webinar Internasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) FKM Unhas melaksanakan kegiatan Webinar Internasional, Rabu 8 Juli 2020 dengan tema, “Best Practice K3 di Tempat Kerja dalam Kondisi Pandemi COVID-19”.

Webinar Internasional merupakan rangkaian dari Kegiatan Dies Natalis Unhas ke-64, sehingga pada Opening Speech menghadirkan Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu (Rektor Universitas Hasanuddin) sebagai pembicara pertama sekaligus membuka webinar internasional dan Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas) sebagai pembicara kedua juga merupakan Ketua Dies Natalis Unhas ke-64.

Dalam sambutannya, Rektor Unhas mengapresiasi FKM Unhas khususnya Departemen K3 yang telah melaksanakan kegiatan webinar ini.

“Webinar K3 ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk diimplementasikan di tempat kerja,” kata Prof Dwia

Di era pandemi saat ini, kata Prof Dwia, perlu menata ulang perilaku, pola kerja, juga model interaksi antara manusia dan manusia atau manusia dan lingkungannya.

“Penguatan perilaku tindakan aman di tempa kerja perlu ditegakkan lagi untuk mencegah penularan dan pekerja tidak menjadi sumber penularan”, jelasnya.

Rektor Unhas juga mengharapkan bahwa webinar ini dapat menghasilkan kemampuan bagi peserta dalam mengembangkan upaya-upaya strategis dalam lingkungan pekerja khususnya di era pandemi ini untuk saling membantu dan bekerja sama dalam menciptakan kondisi yang aman.

Senada dengan itu, Dekan FKM Unhas juga menekankan bahwa practice K3 di tempat kerja sangatlah penting. “Transmisi penularan COVID-19 saat ini dominan di tempat kerja misalnya saja di tempat pelayanan kesehatan dan pasar sehingga sangat mengkhawatirkan,” ungkap Dekan.

“Orang K3 wajib memberikan gambaran safety pada masyarakat untuk dapat dipahami bahwa transmisi banyak di tempat kerja,” lanjutnya.

Pada pelaksanaan kegiatan, Departemen K3 menyajikan pemateri-pemateri professional di bidang K3 yakni Ts. Dr. Ismaniza Ismail (Malaysian Industrial Hygiene Association (MIHA) / Senior Lecturer, Fakulti Sains Gunaan, Universiti Teknologi MARA, Malaysia) sebagai Narasumber pertama, Drg. Kartini Rustandi, M.Kes (Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes Republik Indonesia) sebagai Narasumber kedua dan dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D (Dosen Senior Departemen K3 FKM Unhas) sebagai pemateri ketiga.

Selain itu, Ketua panitia Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM., M Kes. dan Ketua Departemen K3, Yahya Thamrin SKM, M.Kes, Ph.D menyampaikan bahwa antuasias peserta sangat besar dalam mengikuti kegiatan ini hingga pendaftar mencapai kurang lebih 3000 orang.

Peserta yang bergabung pada room zoom lebih dari 800 orang dan yang melakukan live streaming lewat Youtube lebih dari 160 orang.

Penjelasan pertama oleh Ts. Dr. Ismaniza Ismail dengan materi Best Practice Pengalaman Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja di Malaysia.

Pemaparan kedua oleh Drg. Kartini Rustandi, M.Kes tentang Protokol Kesehatan sebagai Dasar Adaptasi Kebiasaan Baru.

Terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan COVID-19 dijelaskan oleh narasumber terakhir, dr. Furqaan Naiem, M.Sc., Ph.D. yang mengatakan diperlukan peran orang K3 dalam memutus mata rantai covid-19 di tempat kerja.

Sebagai kegiatan pertama dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Unhas ke 64, Webinar K3 ini juga dihadiri para guru besar, dosen, dan mahasiswa Unhas.

Selain itu, partisipan dalam kegiatan ini berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua dari berbagai profesi.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Empat Mahasiswa Studi Agama-Agama UIN Alauddin Terima Beasiswa Bersama Institute

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan atas kerjasama Bersama Institute dan Prodi Studi Agama-Agama UIN Alauddin Makassar, maka Bersama Institute memberikan...

Kebun Ketahanan Pangan Lantamal VI Tumbuh Subur di Tengah Kota Diapresiasi Kadis Lingkungan Hidup Kota Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kehadiran kebun ketahanan Pangan Lantamal VI yang tumbuh subur di tengah kota Makassar kian terasa manfaatnya bagi masyarakat. Kebun...

Mungkinkah Pembelajaran Jarak Jauh diterapkan Permanen?

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan, pembelajaran jarak jauh bisa diterapkan permanen setelah pandemi Covid-19 selesai. Berdasarkan penilaian Kemendikbud,...

Tips Skincare yang Jarang Diketahui Orang

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kalau membicarakan tips skincare, pasti kita bisa menemukannya dengan mudah bertebaran di internet. Rasanya setiap orang selalu berusaha membagikan tips-tips...

Lomba Seni Suara Burung Berkicau LANAL Kendari Gunakan Nama Kapal Perang Untuk Kelas Lomba

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Selasa, 11 Agustus 2020, Lanal Kendari yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia S.Sos., menempuh cara yang...

REKOMENDASI