Ini 7 Kebiasaan Aneh Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Termasuk?

 Kecerdasan memang tidak sepenuhnya bisa diukur dengan kebiasaan yang dilakukan orang sehari-hari. Namun, jarang disadari bahwa orang dengan Intelligence quotient (IQ) tinggi, memiliki kebiasaan yang cukup unik dan terkesan aneh.

Dikutif dari laman thehealthy.com, kecerdasan memang sulit diukur, tetapi sains telah menghubungkan kebiasaan dengan tingkat pembelajaran, pemecahan masalah, dan kreativitas yang lebih tinggi.

Ini 7 kebiasaan orang dengan IQ tinggi:

1. Punya Meja yang Cenderung Berantakan

- Iklan -

Kecerdasan sejatinya sulit untuk didefinisikan, bahkan para psikolog telah memperdebatkannya selama bertahun-tahun.

Menurut profesor Cornell Robert J. Sternberg, PhD, kecerdasan adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan situasi baru, memahami dan menangani konsep abstrak, serta menggunakan pengetahuan untuk memahami lingkungan seseorang.

Dalam sebuah eksperimen dari University of Minnesota, orang-orang di lingkungan yang berantakan menghasilkan lebih banyak ide kreatif daripada mereka yang berada di tempat yang rapi.

- Iklan -

2. Suka Menyendiri atau ‘Me Time’

Dari laman CNBC Indonesia, dua peneliti, yaitu Norman P. Li (Singapore Management University) dan Satoshi Kanazawa (The London School of Economics and Political Science) pernah mengungkapkan bahwa kerumunan membuat orang dengan IQ tinggi tidak nyaman.

Dalam penelitian yang berjudul ‘Country roads, take me home… to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness’ tersebut, orang dengan IQ tinggi ternyata lebih senang untuk ‘me time’ atau menghabiskan waktu sendiri.

- Iklan -

3. Mengakui Kesalahan

Kebiasaan satu ini merupakan bekal yang harus dimiliki banyak orang namun seringkali dilupakan. Kebanyakan orang cenderung merasa benar dibanding mengakui salah meski berada di posisi yang salah.

Berbeda dengan orang yang memiliki IQ tinggi, mereka memiliki otak yang mampu memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut untuk mengakuinya.

4. Suka Mengkritik Diri Sendiri

Banyak orang mungkin berpikir bahwa orang orang cerdas itu pasti percaya diri. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang cerdas tidak demikian.

Dalam sebuah studi tahun 1999 dari Cornell University, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang tidak kompeten tidak dapat mengenali ketidakmampuan mereka sendiri, sehingga menyebabkan penilaian diri meningkat.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang sangat kompeten cenderung meremehkan kemampuan mereka. Hal itu dikarenakan mereka tahu seberapa banyak pengetahuan yang ada di luar sana. Alih-alih terlalu percaya diri, mereka cenderung mengkritik diri sendiri.

5. Suka Bicara Sendiri

Selain suka mengkritik diri sendiri, orang cerdas juga kerap berbicara sendiri, baik di dalam hati maupun tulisan.

Kebiasaan ini tanpa disadari bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman kerja otak. Orang yang suka bicara sendiri tentu sering dianggap gila, padahal bisa jadi itu justru kebiasaan yang jenius.

6. Suka Menantang Diri

Salah satu kebiasaan orang dengan IQ tinggi biasanya ialah memiliki rasa tidak cepat puas dengan pencapaian meski sudah berada di tahap yang memuaskan bagi kebanyakan orang.

Oleh karena itu, di saat banyak orang merasa cukup dengan apa yang dicapai, orang dengan IQ tinggi biasanya terus mencoba menantang diri dengan mencoba hal yang lebih sulit atau ekstrem.

7. Sering Begadang

Seperti yang diketahui, orang cerdas cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk berpikir dan berkarya. Biasanya orang dengan golongan ini cenderung memiliki jam tidur yang lebih sedikit. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan hal produktif.

Mungkin banyak orang yang tidak suka dengan kebiasaan ini karena begadang bisa jadi kurang sehat untuk tubuh. Namun, bagi orang ber-IQ tinggi, cara ini lebih nyaman dilakukan dibanding waktu kerja pagi hari.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU

Puasa dan Anak