Doa-Doa Rasulullah Dalam Shalat, Sudah Benarkan Bacaan Kita?

Rasulullah Shalalahu ‘Alaihi wasaalam mengajarkan beberapa doa ketika sedang menjalankan ibadah shalat wajib maupun sunnah.

Di dalam sholat, Rasulullah SAW kerap membaca sejumlah doa jika berada dalam gerakan-gerakan tertentu.ย Ibnu Qayyim Al-Jauzi dalam kitabย Fikih Shalatย merangkum doa-doa Rasulullah SAW dalamย sholatย sebagai berikut.

Doa selamat dari adzab kubur. Nabi berdoa

โ€œAllahumma inniy audzubika min adzabil-qabri wa audzu bika min fitnatil-masih ad-dajaali wa audzubika min fitnati al-mahya wa fitnatil-mamaati. Allahumma inniy audzubika minal-maโ€™tsami wal-maghrami,โ€.

- Advertisement -

Artinya, โ€œYa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Dajal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan mati, dan aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan utang,โ€.

Baca Juga:  Permusuhan yang Kekal Abadi, Antara Setan dan Keturunan Adam dan Hawa

Doa memohon ampunan

Nabi berdoa,ย โ€œAllahummaghfirliy dzanbiy wa wasiโ€™liy fii daari wa baarikliy fima razaqtaniy,โ€.

Artinya, โ€œYa Allah, ampunilah dosa-dosaku, luaskanlah tempat tinggal (persinggahanku) dan berkahilah rizki yang Engkau berikan kepadaku,โ€.

- Advertisement -

Doa dalam sujudnya

Nabi berdoa, โ€œRabbi aโ€™thi nafsiy taqwaaha wa zakkiha anta khairu man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha,โ€.

Artinya, โ€œYa Tuhanku, berikan kepadaku jiwaku sifat takwanya, dan bersihkanlah ia. Engkau sebaik-baik Dzat yang membersihkannya. Engkau wali sekaligus tuan baginya,โ€.

Baca Juga:  Adam dan Hawa Sang Manusia Terkasih

Doa-doa yang Rasulullah SAW ucapkan dalam sholatnya selalu diucapkan dengan lafadz mufrad (tunggal). Seperti di dalam doa, โ€œRabbighfirliy warhamni wahdiniy,โ€. Yang artinya, โ€œYa Tuhanku, ampunilah aku, dan berilah aku petunjuk,โ€.

- Advertisement -

BERITA TERBARU