Doa-Doa Rasulullah Dalam Shalat, Sudah Benarkan Bacaan Kita?

FAJAR Pendidikan

Rasulullah Shalalahu ‘Alaihi wasaalam mengajarkan beberapa doa ketika sedang menjalankan ibadah shalat wajib maupun sunnah.

Di dalam sholat, Rasulullah SAW kerap membaca sejumlah doa jika berada dalam gerakan-gerakan tertentu. Ibnu Qayyim Al-Jauzi dalam kitab Fikih Shalat merangkum doa-doa Rasulullah SAW dalam sholat sebagai berikut.

Doa selamat dari adzab kubur. Nabi berdoa

Allahumma inniy audzubika min adzabil-qabri wa audzu bika min fitnatil-masih ad-dajaali wa audzubika min fitnati al-mahya wa fitnatil-mamaati. Allahumma inniy audzubika minal-ma’tsami wal-maghrami,”.

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Dajal, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan mati, dan aku berlindung kepada-Mu dari dosa dan utang,”.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Kamis 23 Juni 2022: Panggilan dan Tugas

Doa memohon ampunan

Nabi berdoa, “Allahummaghfirliy dzanbiy wa wasi’liy fii daari wa baarikliy fima razaqtaniy,”.

Artinya, “Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, luaskanlah tempat tinggal (persinggahanku) dan berkahilah rizki yang Engkau berikan kepadaku,”.

Doa dalam sujudnya

Nabi berdoa, “Rabbi a’thi nafsiy taqwaaha wa zakkiha anta khairu man zakkaha anta waliyyuha wa maulaha,”.

Artinya, “Ya Tuhanku, berikan kepadaku jiwaku sifat takwanya, dan bersihkanlah ia. Engkau sebaik-baik Dzat yang membersihkannya. Engkau wali sekaligus tuan baginya,”.

BACA JUGA :   Doa Meminta Hujan Berhenti kepada Allah SWT dalam Islam

Doa-doa yang Rasulullah SAW ucapkan dalam sholatnya selalu diucapkan dengan lafadz mufrad (tunggal). Seperti di dalam doa, “Rabbighfirliy warhamni wahdiniy,”. Yang artinya, “Ya Tuhanku, ampunilah aku, dan berilah aku petunjuk,”.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI