Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan, Perhatikan

FAJAR Pendidikan

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan, Perhatikan. Doa untuk orang meninggal laki-laki atau perempuan dianjurkan untuk selalu dikirimkan agar jenazah selalu mendapat perlindungan dan pengampunan di akhirat oleh Allah SWT.

Namun, jika sering lupa menghafal doa untuk orang meninggal dunia, maka diperbolehkan berdoa semampunya. Hadis riwayat muslim dari kitab Al-Adzkar an-Nawawi pun selalu menganjurkan berkata yang baik bila menyaksikan orang sakit atau mendengarkan kabar orang meninggal dunia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:
“Apabila seseorang telah meninggal dunia, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” – (HR Muslim).

1. Doa ketika mendengar kabar orang meninggal

 

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“Innalillahi wa innailaihi raajiuun”.

Artinya: Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah dan hanya kepadanya kami
kembali.

Dianjurkan untuk melanjutkan lafadz pelengkap:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَة

“Allahummaghfirli wa lahu wa’qibni minhu ‘uqba hasanah”.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah diriku dan dia serta berikan kepadaku darinya
pengganti yang lebih baik.”

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Minggu 3 Juli 2022: Suka-Cita Perutusan

2. Doa untuk orang yang meninggal laki-laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzu lahu wa  
wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmaai wats-tsalji walbaradi wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wazaujan khairan min zaajihi wa adkhilhuljannata wa ‘aidzhu min ‘adzaabilqabri wafitnatihi wamin ‘adzaabinnaari”.

Artinya :“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan
muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami atau istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

BACA JUGA :   Kenapa Umat Muslim Marah Ketika Rasulullah SAW Dihina?

3. Doa untuk orang yang meninggal perempuan

“Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha  
wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar”.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI