Teks Khutbah Jumat 23 September 2022, Tema Merenungi Akhirat

FAJAR Pendidilan

Teks Khutbah Jumat 23 September 2022, Khutbah Jumat yang paling bagus dibawakan saat sholat Jumat di bulan September 2022 ini mengusung tema Merenungi Akhirat.

Materi khutbah Jumat tersebut akan memaparkan pentingnya umat muslim untuk merenungi kehidupan akhirat sebelum mati. Selain itu, dengan mendengarkan khutbah Jumat yang sangat singkat ini, diharapkan umat muslim akan tersentuh hatinya.

Dilansir dari laman AyoSurabaya.com dari laman Lirboyo.net, berikut Teks Khutbah Jumat 23 September 2022, Tema Merenungi Akhirat.

Merenungi Akhirat

اَلْحَمْدُ لِلهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ الْقَاهِر. الْمَلِكِ الْسُلْطَانِ الْقَادِر. فَسُبْحَانَهُ مِنْ إلهٍ أَوْجَدَ الْمَخْلُوْقِيْنَ بِقُدْرَتِهِ وَدَبَّرَهُمْ بِحِكْمَتِهِ وَهُوَ لِأَقْوَالِهِمْ سَامِعٌ وَإِلَيْهِمْ نَاظِر. أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ عَلَى مَا أَوْلَاهُ مِنْ بِرِّهِ وَإِحْسَانِهِ الْمُتَظَاهِر. وَأَشْكُرُهُ وَقَدْ وَعَدَ بِالْمَزِيْدِ لِلشَّاكِر. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَلَاضِدَّ وَلَانِدَّ وَلَامُعِيْنَ وَلَامُظَاهِر. شَهَادَةً أَدَّخِرُهَا لِيَوْمٍ لَاتَنْفَعُ فِيْهِ الْأَمْوَالُ وَلَاالْعَشَائِر. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُطَهَّرُ الطَّاهِر. الْمُصْطَفَى مِنْ زَكِيِّ الْعَنَاصِر. الْمُؤَيَّدُ بِالْآيَاتِ الْمُعْجِزَاتِ وَالْبَصَائِر. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أُوْلِي الْفَضَائِلِ وَالْمَفَاخِر. (أَمَّا بَعْدُ) فَيَآ أَيَّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى وَاعْمَلُوا لِيَوْمٍ تَتَصَدَّعُ فِيْهِ الْمَرَائِر. وَتَنْكَشِفُ فِيْهِ السَّرَائِر .

Hadirin Jamaah Jumat Rahimakumullah …

BACA JUGA :   Naskah Kutbah Jumat Terbaru 30 September 2022 Tema : Generasi Muda dan Perubahan Zaman

Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Allah SWT serta beramal kebaikan sebagai bekal kita menghadapi hari di mana dunia ini akan terbelah tanpa menyisakan apa pun. Hari di mana semua tabir rahasia terbuka dan semua dosa akan dihitung, baik yang kecil maupun yang besar. Hari di mana tampak jelas apa-apa yang telah di sembunyikan di dalam hati. Sebagaimana firman Allah SWT

يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لَا تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَةٌ

“Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatu pun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah).” (QS. al-Hâqqoh: 18)

Hari di mana bencana menyelimuti orang-orang yang berbuat dosa dan dikibarkannya bendera-bendera kehinaan bagi setiap orang yang melanggar janji. Hari ditegakkannya timbangan dan dibukanya buku catatan amal. Maka setiap hamba akan mendapati segala sesuatu yang telah ia kerjakan.

BACA JUGA :   5 Bacaan Doa untuk Orang Meninggal

Ada kalanya orang yang mengambil buku catatan dengan tangan kanan, dan ada pula yang mengambil dengan tangan kiri. Sungguh kerugian besar bagi orang-orang yang berbuat aniaya dan pendusta.

Dan keberuntungan bagi orang-orang yang mengikuti perintah Allah SWT dan Rasul-Nya yakni orang-orang yang yang beriman dan beramal saleh, karena mereka berada di dalam surga yang abadi. Allah SWT berfirman:

وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ يَتَفَرَّقُونَ◌فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَهُمْ فِي رَوْضَةٍ يُحْبَرُونَ.

“Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan. Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira.” (QS. ar-Rum: 14-15)

Hadirin Rahimakumullah…

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Kronologi Mamat Alkatiri Dilaporkan Polisi Kasus Penghinaan

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari...

Profil dan Biodata Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan Brigitta Anggota DPR RI

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari...

Siswa SMA Kelas XI Bosowa School Makassar Kunjungi UPT-PIBPS

Berikan experiental learning pada pelajaran biologi terkait teknologi inseminasi buatan, siswa SMA Kelas XI Bosowa School Makassar mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Inseminasi Buatan...

Sosialisasi dan Pendampingan Mahasiswa FKM Unhas Ikut Lomba Nasional dan Internasional

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan sosialisasi dan pendampingan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan di tingkat nasional dan juga internasional. Sosialisasi yang dilakukan pada...