ADV A1
ADV B1

Dorong Mahasiswa Kuasai Bidang Keilmuan, Teknik Kimia Unibos Gelar Lokakarya Kurikulum

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Penyusunan kurikulum sangat diperlukan untuk pencapaian proses pendidikan, untuk itu Program Studi Teknik Kimia Universitas Bosowa (Unibos) gelar Lokakarya Kurikulum di Aula Balla Lompoa III Hotel Harper, Kamis-Jumat (10-11/06/21).

Kegiatan ini digelar dalam rangka pengembangan dan implementasi program pemerintah Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

-ADV C2 -

Ketua Prodi Teknik Kimia Unibos M Tang, ST., MT., menjelaskan pengembangan kurikulum yang dilakukan di Prodi Teknik Kimia mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kebijakan MBKM.

-ADV C3 -

“Program MBKM bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa, untuk memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kurikulum merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran, untuk itu sangat diperlukan upaya simultan secara berkala agar kurikulum dapat didesain sesuai perkembangan zaman.

Baca Juga :   Mahasiswa PBL II FKM Unhas Adakan Pelatihan Jumantik Cilik di SD Inpres 223 Kadatong
-ADV C4 -

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Dr Ridwan, ST., MT., juga menjelaskan, penyusunan kurikulum dimaksudkan untuk membantu pengelola pendidikan tinggi dalam memenuhi harapan dari seluruh stakeholders pendidikan tinggi.

“Kurikulum merupakan keseluruhan rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi pada sistem pendidikan tinggi,” jelasnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Unibos Dr Ir Hadijah Mahyuddin, Msi., menuturkan kunci keberhasilan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan ini adalah adanya kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Baca Juga :   211 Mahasiswa FKM Unhas Ikut PBL II di 32 Desa

“Perlu adanya kolaborasi dan kerja sama antara program studi dengan pihak lain yang dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran mahasiswa.

Untuk itu, diharapkan program studi dapat melakukan pengembangan kurikulumnya sesuai dengan kebijakan MBKM, guna menghasilkan mahasiswa berkompeten dan sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan,” tuturnya.

Lokakarya ini juga dihadiri Wakil Rektor I, Ketua Lembaga Sistem Informasi Unibos, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta seluruh sivitas akademika Fakultas Teknik Unibos.

Dalam kegiatan ini turut dilakasanakan penandatanganan kerja sama antara program studi Teknik Kimia Unibos dengan PNUP, UNCP, UNIFA, BBIHP, dan PT. Asar Mulia Sejahtera yang langsung ditandatangani oleh ketua Prodi Teknik Kimia Unibos.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI