Kaum Muslim yang Belum Dapat Menunaikan Ibadah Haji, Tidak Perlu Berkecil Hati

FAJAR Pendidikan

Amalkan-Amalan yang Setara Pahala Haji dan Umroh. Bagi kaum muslim yang belum memiliki kelonggaran, untuk menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekah dan Madinah, tidak perlu berkecil hati. Demikian untuk berumroh. Bisa mengamalkan dulu, amalan yang setara dengan pahala Haji dan Umroh.

Adakah amalan yang setara pahala Haji dan Umroh ? Yang manakah itu ? Dalam hadist HR.Bukhari no.843, Rasulullah berusaha menghibur hati para sahabat yang tidak sanggup untuk menunaikan ibadah haji. Lalu beliau pun menunjukkan sebuah amalan yang sebanding dengan amalan haji, umrah dan berjihad. Yaitu, Tasbih, Tahmid dan Takbir setiap sholat wajib.

Selain mengamalkan zikir di atas, pergi ke masjid dengan tujuan menuntut ilmu atau mengajarkan ilmu. Rasulullah bersabda: “Siapa yang pergi ke masjid dengan tujuan mempelajari ilmu atau mengajarkannya, dia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani no. 7473, lihat shahih targhi wa tarhib no. 86).

BACA JUGA :   Kapan Puasa Ayyamul Bidh? Benteng Api Neraka hingga Tiket Surga Ar Rayyan

Adalagi yang lainnya. Pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat wajib dalam keadaan bersuci. “Siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat wajib, dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berhaji.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

Lalu apa lagi ? Pergi ke masjid untuk mengerjakan sholat dhuha. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang keluar dari rumahnya hanya dalam rangka mengerjakan sholat dhuha, maka pahalanya seperti pahala orang yang umrah.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

BACA JUGA :   Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal, Laki-Laki, Perempuan, Orang Tua dan Lainnya

Masih ada lagi. Sholat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai terbit matahari, lalu mengerjakan sholat dhuha (isyraq).

Rasulullah bersabda:

“Siapa yang sholat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat, dia akan mendapatkan pahala haji dan umrah”. Rasulullah ﷺ bersabda: “sempurna, sempurna, sempurna”.(HR. Tirmidzy no. 586, lihat shahih aljami’ no. 6346). (dari berbagai sumber/ana)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI