- Advertisement -

Dosen FKM Unhas Jadi Fasilitator Workshop HCD di Bulukumba

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) bertindak sebagai fasilitator pada workshop peningkatan cakupan imunisasi pada anak dengan desain Human-Centered Design (HCD) di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini diadakan oleh Pusat Studi Kota Sehat Indonesia (CIHCS) FKM Unhas bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Unicef.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan bertempat di Hotel Agri Bulukumba dan berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 21 s/d 24 Maret 2022.

Adapun dosen FKM yang menjadi fasilitator pada kegiatan ini yaitu Dr Suriah, SKM, MKes. dan Muhammad Rachmat S.KM, M.Kes., bersama fasilitator dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba.

BACA JUGA:  Milad 51 Tahun FH-UMI, Dekan: Ini Bentuk Muhasabah Civitas Akademika Kepada Allah SWT

“Fasilitator yang bertugas telah mengikuti pelatihan training of trainer metode HCD pada bulan Pebruari lalu di Kota Makassar,” ujar Muhammad Rachmat.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Peserta workshop ini berasal dari tiga puskesmas di Bulukumba yaitu Puskesmas Bonto Tiro, Puskesmas Bonto Bangun, dan Puskesmas Salassae.

Setiap puskesmas mengirimkan lima orang perwakilan yang terdiri atas tenaga puskesmas, kader, dan tokoh agama/tokoh masyarakat.

Materi diawali dengan pengantar HCD yang berisikan bagaimana menentukan kelompok sasaran. Kemudian dilanjutkan dengan langkah-langkah dalam menerapkan metode HCD yang berjumlah 12 langkah yaitu menetapkan tujuan, persona (model karakter), peta perjalanan, pemilihan tema dan pembuatan panduan diskusi, penyelidikan cepat, analisis data (sintesis), mencari ide untuk solusi, purwarupa (rancangan awal) dan masukan, uji coba, dan pengulangan (Iterasi).

BACA JUGA:  Mahasiswa Posko 24 FKM Unhas Gelar Seminar Awal PBL II di Desa Bonto Manai
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Praktik lapangan penyelidikan cepat dilakukan di tiga tempat sesuai puskesmas masing-masing,” tutup Muhammad Rachmat

Workshop diakhiri dengan materi centre of excellence dan penyusunan rencana aksi untuk implementasi HCD di Kabupaten Bulukumba.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: