Fakta-Fakta Dr. Vegapunk dan Penemuannya, Dokter ‘Gila’ Angkatan Laut

Meskipun udah dua dekade lebih Eiichiro Oda menerbitkan karya paling fenomenalnya, One Piece, tapi masih ada banyak banget misteri yang masih belum terpecahkan.

FAJAR Pendidikan

Fakta-Fakta Dr. Vegapunk dan Penemuannya. Salah satu contohnya adalah teka-teki tentang sosok Dr. Vegapunk. Selama ini, kita hanya diberi tahu kalau Vegapunk adalah sosok seorang ilmuwan yang luar biasa jenius yang bekerja untuk angkatan laut.

Di angkatan laut sendiri, dia memiliki pangkat atau peringkat G-5 Marine, yang artinya dia udah sangat jauh lebih modern. Secara penampilan fisiknya, Oda Sensei menggambarkan Vegapunk dengan seorang pria dengan kaos bergaris, menggunakan sarung tangan berwarna kuning, dan sering menggunakan jas lab. Selain itu, secara fisik – khususnya wajah – masih dirahasiakan.

Yang paling mengesankan dari Vegapunk adalah berbagai ciptaan dan uji coba yang dia lakukan. Setiap benda yang dia ciptakan selalu memiliki manfaat yang luar biasa, setidaknya untuk hari ini dan masa depan. Kadang teknologi tersebut terlalu maju, sehingga membuat yang lain terheran-heran. Tapi, gak sedikit juga penemuannya yang sangat berbahaya yang bisa aja membuat dia ditangkap Pemerintah Dunia.

Secara kepribadian, Vegapunk sepertinya merupakan karakter yang baik, karena para penduduk pulau Karakuri sangat menginginkan Vegapunk untuk kembali ke desanya. Di masa mudanya Vegapunk sering membantu orang-orang di wilayahnya melalui berbagai penemuan-penemuan yang dia lakukan. Vegapunk merupakan sosok yang sangat dibanggakan oleh para penduduk di desanya.

Salah satu bukti kebaikan dari Vegapunk adalah dia menolak untuk melepaskan gak beracun H2S yang dia ciptakan bersama rekan ilmuwan lain, Caesar Clown, demi melindungi nyawa-nyawa yang tidak bersalah yang mungkin terkena dampak dari gas ini. Dia juga menolak untuk melakukan eksperimen terhadap anak-anak, dengan memikirkan keselamatan mereka dan tidak ingin melukai mereka.

Sama seperti ilmuwan cerdas lainnya di dunia manga/anime, Vegapunk menciptakan sebuah kecerdasan buatan. Tapi, bukan menciptakan android atau robot, dia menciptaan dua naga buatan yang dia simpan di pulau Punk Hazard. Disana, Vegapunk menggunakan kedua naga buatan itu untuk mengirimkan berbagai material yang akan dia gunakan untuk melakukan eksperimen dan juga digunakan sebagai penjaga pulau itu.

Kedua naga buatan itu juga menjadi bukti lain, dimana naga itu gak dipersenjatai apapun untuk keuntungan Vegapunk. Selain mengurusi masalah robot dan kecerdasan buatan, Vegapunk juga banyak mengetahui tentang buah iblis dan kekuatan yang diberikan oleh buah iblis tersebut kepada para penggunanya. Vegapunk bahkan sempat membuat buah iblis buatannya sendiri, dimana siapapun yang memakan buah iblis itu akan berubah menjadi naga.

Vegapunk juga menjadi salah satu orang yang menemukan garis faktor keturunan (Lineage Factor), yang mana diketahui dalam cerita One Piece sebagai cetak biru kehidupan. Dia juga menggali lebih dalam tentang bagaimana buah iblis memiliki koneksi dengan hal tersebut dan mempengaruhi siapa yang mengkonsumsi buah iblis itu. Vegapunk sendiri sebenarnya  sadar dia bisa membuat sebuah replika atau menciptakan sebuah humanoid, alias manusia buatan. Berikut Fakta Dr Vegapunk

Penemuan Hebat Dr Vegapunk

Vegapunk memiliki beragam kemampuan dengan menciptakan teknologi luar biasa.

  1. Menciptakan Teknologi Batu Laut.
    Batu laut bisa dikatakan bukan hal yang luar biasa dan bisa ditemukan dengan mudah. Bahkan, dapat dikatan Wano menjadi salah-satu penghasilnya. Meski demikian, hanya Vegapunk yang mampu mengolah batu tersebut.Batu laut itu dapat disulap menjadi benda yang lebih berguna di tangannya. Misalnya saja berhasil membuat borgol, lapisan kapal dan senjata untuk smoker.
  2. Temuan Lineage Factor Bersama Judge. Penemuan keduanya adalah Lineage Factor. Vegapunk digambarkan berasal dari suatu daerah dengan musim dingin ekstrim bahkan tidak berkesudahan.Hal itulah yang kemudian memunculkan ide Dr Vegapunk untuk membuat sebuah benda yang berguna sebagai penghangat. Namun, sekali lagi seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa ia selalu kekurangan modal. Akibatnya benda tersebut gagal.

    Tetapi, ia tidak menyerah untuk mengembangkan penemuan tersebut. Ia kemudian nekat mengikuti kumpulan ilmuawan jahat. Pada saat itu ia kemudian menemukan Lineage Faktor bersama Judge. Namun, ia ketahuan dan harus ditahan oleh pemerintah dunia. Sedangkan, Judge berhasil kabur dan meninggalkannya.

  3. Buah Iblis Buatan. Dalam dunia One Piece, buah iblis adalah kekuatan utama. Dengan kejeniusan yang dimilikinya itu, ia berhasil membuat buah iblis buatan. Meski merasa penemuannya gagal, tapi pada kenyataannya ia dapat mengungguli karya Caesar. Ini bisa dibuktikan dengan Momonosuke yang mirip dengan pengguna aslinya.
  4. Mampu Membuat Berbagai Senjata. Ilmuwan dunia sepertinya tentu menciptakan senjata untuk kemakmuran dunia. Ia kemudain mampu membuat berbagai senjata. Senjata yang digunakan oleh angkatan darat sebagian besarnya adalah ciptaan Vegapunk.
  5. Special Science Group. Vegapunk merupakan ilmuan yang menjadi bagian dari Special Science Group. Tidak hanya bekerjasama dengan Judge. Nyatanya ia juga pernah bekerjasama dengan Caesa Clown dan Queen di MADS. Saat ia ditangkap dan ditahan oleh pemerintah, otomatis dia menjadi bagian di dalamnya. Shichibukai kemudian digantikan oleh SSG.
  6. Pengambangan Pacifista. Kemampuannya tidak bisa diragukan lagi. Ia adalah sosok yang mempu mengembangkan Pacyfista. Pacyfista adalah sebuah robot yang menjadi senjata di angkatan laut. Ia kemudian mampu menemukan cara untuk menyisipkan DNA ke dalam robot ini. Kini robot itu menjadi menjadi Seraphim dan tentunya kekuatan Seraphim dengan DNA Lunaria. Fakta Dr Vegapunk

Bagikan:

Pilihan

BACA JUGA