Saturday, September 19, 2020

Fisip Unismuh Bahas Kajian Aspek Sosial Politik Tata Kelola Bencana

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar gelar Professor : Disaster Governance in Vulnarable Society”, kegiatan ini sebagai upaya mengkaji aspek-aspek sosial politik dari tata kelola bencana.

Acara ini mendatangkan pakar terkemuka, Profesor Dr. Dinil Pushpalal ahli Human Security dari Tohoku University Jepang dan Profesor Musa Hubeis ahli System Thinking dari Institut Pertanian Bogor.

Melalui Dekan Fisip Unismuh, Dr Ihyani Malik mengatakan sejauh ini kajian tentang penanggulangan bencana tidak dibahas dalam kajian ilmu sosial, padahal bencana itu perlu dibahas dalam berbagai disiplin ilmu.

“Ini kita gagas karena selama ini penanggulangan bencana hanya dibahas dalam satu disiplin ilmu, padahal dibutuhkan banyak perpektif termasuk dalam ilmu sosial,” ujarnya, Senin (14/1/2019).

Bencana, kata dia tidak bisa diselesaikan dalam satu aspek, harus dilihat secara konprehensif, terutama lewat kebijakan publik.

“Bencana itu harus dilihat secara luas,” tambahnya.

Sementara Akasemisi IPB, Prof Musa Hubeis mengatakan paradigma dalam penanggulangan bencana harus bergeser, karena sejauh ini penanggulangan bencana hanya bicara soal kebencanaan dan upaya penanganannya.

“Harus ada perubahan paradigma dalam penanganan bencana,” jelasnya.

Kata dia, pola pikir harus bersistem atau kesisteman dalam artian bahwa harus ada strategi secara sistematis dalam penanggulangan bencana.

“Harus dilihat dati berbagai perspektif keilmuan,” ujarnya.

Kegiatan ini nantinya terbentuk gugus riset ilmu sosial politik tentang Tata Kelola Bencana dengan bekerja sama dengan Tohoku University Jepang , serta lembaga seperti IPB, Universitas Tadulako, LIPI dan STAIN Sorong.

Reporter : Ahadri

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

BPJS Ketenagakerjaan Gencar Ajak Guru Mengaji Jadi Peserta, Ini Manfaatnya!

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- BPJS Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisai mengajak penerimaan insentif guru mengaji untuk menjadi pesertanya. Hal tersebut seperti yang...

DKM Bakal Lakukan Pameran Daring ‘Semangat 2020’

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setengah tahun. Semua lini kehidupan seperti sedang diuji daya tahannya, termasuk posisi seni...

Danlantamal VI Sambut Hangat Kunjungan Dirut PT. Semen Tonasa

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., menyambut hangat kunjungan Direktur Utama...

REKOMENDASI