Penandatangan kerjasama FKM Al Asyariah Mandar yang diwakili Dekan FKM Al Asyariah Mandar, Drs Aco Dahrul Saharuddin, M Si (kedua dari kanan) dengan FKM Unhas yang diwakili Dekan FKM Unhas Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed. (kedua dari kiri). Senin 10 Februari 2020.

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menerima kunjungan dari Dekan FKM Al Asyariah Mandar, Drs Aco Dahrul Saharuddin, M Si. yang didampingi oleh salah satu stafnya, Senin 10 Februari 2020.

Dalam sambutannya Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes., M Med Ed. yang didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc PH, PhD. dan Wakil Dekan Bidang Perencanan, Keuangan dan Sumber Daya, Dr Atjo Wahyu, SKM., M Kes. menyampaikan terima kasih atas kunjungan dari FKM Al Asyariah Mandar.

“Tentu saja FKM Unhas sebagai pembina memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan seluruh institusi kesehatan masyarakat terutama yang ada di Indonesia bagian timur, termasuk dalam pemanfaatan laboratorium biofisik yang sebentar lagi juga akan terkareditasi oleh KAN, laboratorium AVA, laboratorium kuliner dan laboratorium komputer super canggih,” terang Aminuddin.

Baca Juga :   Mahasiswa Program Doktor FKM Unhas Ikuti Workshop Health Promotion pada APACPH Conference Bangkok

FKM Unhas, kata Aminuddin, memiliki profesor dan doktor dari berbagai disiplin ilmu lebih dari cukup untuk dimanfaatkan dan digunakan dalam pengembangan kerjasama.

Ia juga mengatakan bahwa baru-baru ini, Prodi Gizi FKM Unhas telah diakreditasi oleh AUN-QA, akreditasi internasional dengan mendapatkan nilai yang sangat signifikan.

“Tahun sebelumnya Prodi Kesehatan Masyarakat juga telah terkareditasi AUN-QA. Itu artinya semua Prodi S1 di FKM Unhas memilki standar dan diakui secara internasional,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Dekan FKM Al Asyariah Mandar, Drs Aco Dahrul Saharuddin, M Si. menyampaikan terima kasih kepada Dekan FKM Unhas dan pimpinan untuk dapat kesempatan melakukan kerjasama dengan FKM Unhas.

“Laboratorium kesehatan yang ada di FKM Unhas adalah laboratorium rujukan terutama bagi institusi di Indonesia bagian timur,” ungkap Aco.

Ia juga berharap bahwa kerjasama ini tidak hanya untuk kepentingan penggunaan laboratorium tetapi juga dalam hal sumber daya yang lain termasuk pengembangan SDM tenaga pengajar untuk lanjut S2 dan S3, kerjasama dalam bidang publikasi dan penelitian, menjadi co-host dalam penyelenggaraan konference internasional, pelatihan penulisan publikasi internasional terindeks scopus dan sebagainya.

Baca Juga :   Psikologi Unibos Siapkan Lembaga Sertifikasi Profesi Psikologi Indonesia

“Intinya pengembangan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ucapnya.

Diakhir sesi selanjutnya dilakukan penandatanganan oleh kedua belah pihak dan selanjutnya dilakukan sesi poto bersama. (FP)