Orientasi PPG Daljab, Rektor UNM: Guru Profesional Harus Punya Sistem Manajemen Pembelajaran

MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan orientasi akademik mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahap I Tahun 2023 secara daring maupun luring, Senin (8/5/2023).

Melalui kesempatan ini, mahasiswa PPG Daljab bagi guru Kemendikbudristek dan guru Kementerian Agama yang terdiri dari berbagai bidang studi diajak untuk menunjukkan kinerja terbaik dan menularkan pengalamannya kepada guru lain maupun peserta didik.

Sebelum dilaksanakan orientasi akademik ini, beberapa tahapan program PPG Dalam jabatan Tahap 1 Tahun 2023 telah dilaksanakan seperti penetapan peserta (tanggal 19 April 2023) dan tahapan pembelajaran mandiri (tanggal 24 April-7 Mei 2023).

- Iklan -

Sedangkan tahapan PPG Dalam Jabatan Tahap 1 yang telah dilaksanakan oleh pengelola PPG Universitas Negeri Makassar yakni Lapor Diri mahasiswa (tanggal 2–5 Mei 2023).

Dalam laporannya, Ketua PPG UNM Darmawan menyampaikan kuota mahasiswa Program PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 yang ditempatkan di UNM Tahap 1 ini sejumlah 1485 orang mahasiswa.

Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

“Jumlah mahasiswa tersebut terdiri dari 3 kategori, yaitu kategori PPG Dalam jabatan, kategori program guru penggerak, dan kategori ex PLPG untuk guru di lingkungan Kemdikbidristek,” ungkapnya.

- Iklan -

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN, Eng dalam sambutannya melalui daring via zoom menyampaikan peserta PPG Dalam Jabatan harus bersungguh-sungguh mengikuti program sebagai guru profesional.

“Saya berharap tunjukkan kinerja terbaik dan tularkan nanti kepada guru yang lain atau kepada anak didik. sebagai guru yang profesional harus punya performance terbaik yang mesti ditunjukkan PPG dalam jabatan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Prof Husain Syam yang akrab disapa PHS mengatakan dalam orientasi akademik tahap awal ini dapat membekali dan memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang pengembangan profesioalisme guru.

- Iklan -
Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

“Tantangan menjadi guru profesional ke depan bagaimana mengenalkan kurikulum dan sistem pembelajaran serta learning management system pada pembelajaran PPG dalam Jabatan, itu intinya,” ujar Guru besar di bidang pertanian ini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd pada kesempatan kali ini memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa PPG Daljab.

Prof Nunuk Suryani menjelaskan bahwa program PPG Daljab tahap I ini adalah salah satu program unggulan dari Kemendikbudristek dalam rangka mewujudkan guru unggul dan profesional di bidangnya.

Menurutnya, program ini adalah suatu usaha pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar di satuan pendidikan wilayah masing-masing.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU