FKM Unhas Jadi Fasilitator Kegiatan Orientasi Kader Posyandu dan SDM Pengelola Posyandu

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menjadi fasilitator pada Kegiatan Orientasi Kader dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Posyandu di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara pada hari Senin, 27 September 2021 bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Bulungan.

Kegiatan Kerja sama FKM Unhas dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bulungan Syarwani, SPd., MSi.

Turut dihadiri Sekda Bulungan Drs H Syafril serta perwakilan dari Bappeda, Dinas PMD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan serta Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bulungan.

Bupati Bulungan dalam sambutannya mengharapkan kegiatan orientasi ini nantinya dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para kader posyandu terutama dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui kegiatan posyandu di desa masing-masing salah satunya dalam upaya pengendalian stunting.

BACA JUGA :   Mahasiswa Posko 17 FKM Unhas Gelar Seminar Akhir PBL I di Desa Tabo-Tabo

“Selain itu, diharapkan posyandu juga berperan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 melalui upaya penyuluhan kepada sasaran posyandu masing-masing,” jelasnya.

Fasilitator kegiatan Dr Wahiduddin, SKM, MKes dari Departemen Epidemiologi dan Dr Abdul Salam, SKM, MKes. dari Departemen Gizi FKM Unhas menyampaikan empat materi, yaitu Upaya Kesehatan di posyandu sebagai pencegahan stunting, Komunikasi Antar Pribadi dalam Upaya Kesehatan di Posyandu pada Adaptasi Kebiasaan Baru, Pelaksanaan upaya Kesehatan di Posyandu pada Adaptasi Kebiasaan Baru serta Rencana Tindak Lanjut.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Desa Pacellekang Beri Edukasi PHBS

Kegiatan yang diikuti oleh 65 peserta yang berasal dari 10 desa yang ada di wilayah Kabupaten Bulungan terdiri dari Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, Aparat Desa, Pokja Posyandu Desa, PKK Desa, Promosi Kesehatan puskesmas serta TP-PKK Kabupaten Bulungan

“Melalui kegiatan ini FKM Unhas diharapkan  dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan persentase posyandu aktif sehingga permasalahan gizi terutama masalah stunting dapat diturunkan di wilayah mereka,” papar Wahiduddin sebagai salah satu fasilitator dalam menutup kegiatan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI