ADV A1

Nama “NGUYEN” Banyak Mendominasi Di Timnas Vietnam, Kok Bisa

FAJAR Pendidikan

Bersama Thailand, Timnas Vietnam merupakan salah satu timnas yang paling di segani di level Asia Tenggara. Yang menarik di sini para pemain Vietnam banyak yang bernama Nguyen sampai sulit di bedakan.

Cerita bermula pada tahun 1802, ketika kekaisaran Vietnam di kuasai oleh raja bernama Nguyen Lords. Semenjak saat itu, mulai banyak orang-orang di Vietnam menggunakan nama belakang Nguyen. Alasannya karena saat rezim tersebut berkuasa, memaksa para warga di Vietnam untuk mengganti nama mereka menjadi nama Nguyen dengan berbagai cara seperti dengan cara kekerasan.

Oleh karena itu banyak mengganti nama belakang mereka dengan “Nguyen” dengan sukarela supaya mereka bisa menghindar dari kewajiban bayar pajak, serta menghindari hukuman dari pengadilan ketika mereka buat kejahatan. Sejak saat itu nama “Nguyen” pun mulai merebak pengguananya sampai sekarang. Total sampai sekarang, sekitar 38 juta dari total 94 juka rakyat Vietnam menggunakan nama belakang Nguyen.

Penggunaan nama keluarga Nguyen di Vietnam secara luas, mirip dengan penggunaan nama keluarga Park atau Kim di Korea Selatan. Sebanyak 40 persen penduduk Vietnam memiliki nama keluarga Nguyen atau yang terbanyak di bandingkan nama lain.Hal ini tentu menjelaskan mengapa ada banyak pemain Timnas Vietnam yang memiliki kesamaan nama, walaupun sejatinya tidak memiliki hubungan keluarga kandung.

Uniknya, nama Nguyen juga di gunakan oleh sejumlah pesepak bola asal luar Vietnam yang kemudian menjalani porses naturalisasi. Beberapa diantaranya menggunakan Nguyen sebagai tambahan atau pengganti dari nama kelahiran mereka di negara asal.

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI