Wednesday, August 5, 2020

Gandeng Gramedia, UMI Makassar, Simulasi SBMPTN ke Calon Maba 2019

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggandengan PT Gramedia Kompas melakukan simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPT) 2019.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Try Out itu, berlangsung di Uditorium Al-Jibra kampus II UMI, Sabtu, 23 Maret 2019, dan diikuti ratusan pelajar dari SMA/SMK sederajat di Sulsel.

Mewakili Rektor UMI Makassar, Wakil Rektor I. Hanafi Assad pada kesempatan itu menyampaikan, kegiatan simulasi SBMPTN sebagai bagian dari promosi kampus UMI kepada siswa/i yang sementara menghadapi ujian akhir di sekolah masing-masing.

“Ini langkah awal untuk sukses dalam seleksi masuk perguruan tinggi,” kata Hanafi sebelum membuka acara.

Menurutnya, kegiatan Try Out dilakukan agar pihaknya mengajukan bahwa UMI Makassar sudah siap menggelar proses penerima mahasiswa baru 2019.

“Sesuai dengan itu, sudah tidak diragukan lagi. Apalagi infrastruktur sudah siap melakukan tes berbasis komputer, demikian pula untuk proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini sudah sistemnya adalah online,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hanafi  juga menjelaskan, UMI sebagai kampus tertua memiliki banyak keunggulan. “Selain itu, UMI juga kampus tertua dari Unhas Makassar, apalagi UIN Alauddin Makassar,” katanya.

Dikatakan, UMI bukan hanya lembaga pendidikan saja. Tapi juga merupakan lembaga dakwah, dimana misinya mengemban dua amanah.

“Pemdidikan dan dakwah. Upaya UMI menjalankan dua amanah ini sudah diterpakan, apalagi UMI sudah dapat predikat akreditasi instuti A,” tuturnya.

Ditambahkan, di UMI terdapat 13 Fakultas. Didalamnya ada 57 Program studi (Prodi), jumlah mahasiswa mencapai 23 ribu lebih. Serta Alumni 98 ribu lebih tersebar di seluru nusantara.

“UMI sudah bekerja sama dengan instansi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri. UMI siap kompetensi di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan Gramedia. Petrus sebagai Store Manager Gramedia Mall Ratu Indah Makassar, mengatakan kegiatan ini sudah tahun ke tiga yang diselenggarakan oleh Gramedia dan pihak klub bekerjasama dengan UMI di Makassar.

“Kegiatan ini sebetulnya berjalan di 19 kota di seluruh Indonesia, salah satunya di Makassar. Untuk di Indonesia timur kemudian di UMI. Ada juga di Sumatera, Padang, Palembang lampung, Lombok, Surabaya, Semarang, Tangerang juga Bandung,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan bersama adalah rangkaian untuk mendukung simulasi SBMPTN, karena kegiatan ini merupakan upaya untuk membiasakan diri siswa/i SMA yang akan lulus.

Dikatakannya lebih lanjut, karena SBMPTN yang tahun ini menggunakan basis komputer sehingga harus membiasakan untuk memberikan dukungan untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Ini dilakukan dari Maret sampai dengan April, kegiatannya. Kita pilih UMI ini karena fasilitasnya terutama fasilitas di lab komputernya yang memadai,” pungkasnya.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Lakukan Kunjungan Kerja ke Perpustakaan Nasional RI

FAJARPENDIDIKAN.co.id - 17 orang Anggota Komisi E Bidang Kesra DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin Ketuanya Ir. H. Rusdin Tabi, M. BA melakukan...

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

REKOMENDASI