Gandeng Gramedia, UMI Makassar, Simulasi SBMPTN ke Calon Maba 2019

Pelaksanaan try out SBMPTN 2019 kerjasama PT Gramedia Kompas dengan UMI Makassar.[Foto:/Ist.]
Pelaksanaan try out SBMPTN 2019 kerjasama PT Gramedia Kompas dengan UMI Makassar.[Foto:/Ist.]

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggandengan PT Gramedia Kompas melakukan simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPT) 2019.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Try Out itu, berlangsung di Uditorium Al-Jibra kampus II UMI, Sabtu, 23 Maret 2019, dan diikuti ratusan pelajar dari SMA/SMK sederajat di Sulsel.

Mewakili Rektor UMI Makassar, Wakil Rektor I. Hanafi Assad pada kesempatan itu menyampaikan, kegiatan simulasi SBMPTN sebagai bagian dari promosi kampus UMI kepada siswa/i yang sementara menghadapi ujian akhir di sekolah masing-masing.

“Ini langkah awal untuk sukses dalam seleksi masuk perguruan tinggi,” kata Hanafi sebelum membuka acara.

Menurutnya, kegiatan Try Out dilakukan agar pihaknya mengajukan bahwa UMI Makassar sudah siap menggelar proses penerima mahasiswa baru 2019.

“Sesuai dengan itu, sudah tidak diragukan lagi. Apalagi infrastruktur sudah siap melakukan tes berbasis komputer, demikian pula untuk proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini sudah sistemnya adalah online,” ungkapnya.

BACA JUGA :   FKM Unhas Launching Kegiatan Jumat Bersih dan Berkah

Lebih lanjut, Hanafi  juga menjelaskan, UMI sebagai kampus tertua memiliki banyak keunggulan. “Selain itu, UMI juga kampus tertua dari Unhas Makassar, apalagi UIN Alauddin Makassar,” katanya.

Dikatakan, UMI bukan hanya lembaga pendidikan saja. Tapi juga merupakan lembaga dakwah, dimana misinya mengemban dua amanah.

“Pemdidikan dan dakwah. Upaya UMI menjalankan dua amanah ini sudah diterpakan, apalagi UMI sudah dapat predikat akreditasi instuti A,” tuturnya.

Ditambahkan, di UMI terdapat 13 Fakultas. Didalamnya ada 57 Program studi (Prodi), jumlah mahasiswa mencapai 23 ribu lebih. Serta Alumni 98 ribu lebih tersebar di seluru nusantara.

“UMI sudah bekerja sama dengan instansi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri. UMI siap kompetensi di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan Gramedia. Petrus sebagai Store Manager Gramedia Mall Ratu Indah Makassar, mengatakan kegiatan ini sudah tahun ke tiga yang diselenggarakan oleh Gramedia dan pihak klub bekerjasama dengan UMI di Makassar.

BACA JUGA :   Lepas 1000 Wisudawan, Rektor UNM Berpesan Jangan Berhenti Berproses dan Terus Belajar

“Kegiatan ini sebetulnya berjalan di 19 kota di seluruh Indonesia, salah satunya di Makassar. Untuk di Indonesia timur kemudian di UMI. Ada juga di Sumatera, Padang, Palembang lampung, Lombok, Surabaya, Semarang, Tangerang juga Bandung,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan bersama adalah rangkaian untuk mendukung simulasi SBMPTN, karena kegiatan ini merupakan upaya untuk membiasakan diri siswa/i SMA yang akan lulus.

Dikatakannya lebih lanjut, karena SBMPTN yang tahun ini menggunakan basis komputer sehingga harus membiasakan untuk memberikan dukungan untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Ini dilakukan dari Maret sampai dengan April, kegiatannya. Kita pilih UMI ini karena fasilitasnya terutama fasilitas di lab komputernya yang memadai,” pungkasnya.(*)