Hapus Jejak Digital, Bisa Juga dengan Hapus History Browser

Ada lagi cara lain menghapus jejak digital. Dilansir dari duniaberita.com, yaitu dengan menghapus History Browser.

Selain memastikan diri tidak terlacak di internet, bisa juga menghapus hejak digital, di Hp dan pobsel., yaitu dengan menghapus riwayat penelusuran di browser. Berikut caranya :

1. Google Chrome
Untuk menghapus riwayat di google chrome, klik 3 titik untuk masuk ke menu. Selanjutnya, pilih Settings dan sidebar. Buka menu Privacy & Security. Kemudian pilih Clear browsing data. Anda harus memilih periode waktu yang ingin dihapus. Setelah itu, klik Clear data. Dengan catatan, jika mengatur browser sinkron dengan komputer lain melalui akun google, maka saat menghapus riwayat pada satu perangkat, akan terjadi hal yang sama di perangkat lain.

- Iklan -
Baca Juga:  Bootcamp Data Science: Jembatan Menuju Karier Masa Depan

2. Mozila Firefox
Klik terlebih dahulu tiga garis horizontal di bagian kanan, untuk masuk ke menu. Kemudian pilih Settibgs – Privacy & Security, lalu skroll ke bawah hingga Cookies dan Site Data Dari sini bisa menghapus sekuruh dara dan mengelola data, agar memiliki kontrol pada apa yang dihapus. Selain itu, centang kotak yang menghapus data browsing setiap menutup Firefox, jika tidak ingin melakukan secara menual.

3.. Safari
Di Safari, buka lebih dahulu menu, dan klik Clear History. Pilih rentang waktu yang datanya ingin dihapus, lalu klik Clear History. Saat menghapus riwayat di Safari, tidak bisa mendapatkan pilihan, menghapus berbagai jenis data. Jadi cookie dan file cache ikut terhapus juga.

Baca Juga:  Saran Ahli IT, Hindari Aktivitas Biaya Mahal

4. Mucrosoft Edge
Pengguna Windows 11, bisa menghapus riwayatnya dengan menekan tiga tanda tituk di sebelah kanan. Lanjutkan dengan memilih Settibgs dari menu yang muncul. Pada menu Privacy, temukan Clear browsing data, dan klik Choose what to clear Tentukan pilihan dari daftar, termasuk riwayat penjelajahan, data cache. Terakhir klik Clear Now.

- Iklan -

5. Opera
Lebih dulu klik ikon Settings di bagian kanan, baru alamat. Pada menu yang muncul, scroll dan temukan Privacy dan Security disamping Browsing data, lalu klik Clear. Berikutnya, bisa memilih jenis data yang ingin dihapus, termasuk menentukan jangka waktu. Setelah semuanya selesai, klik Clear Data. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU