- Advertisement -

Hasil BRI Liga 1, Persija Menang Telak Lawan Persikabo

Persija Jakarta menang telak atas Persikabo 1973 di laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Kompyang Sujana, Bali, Minggu (13/03/2022) malam WIB.

Persija berusaha kembali ke jalur kemenangan setelah menelan tiga kekalahan beruntun. Usaha mereka untuk bangkit terlihat di laga ini.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Persija mendapat sejumlah peluang. Mereka akhirnya bisa menang telak 4-0 atas Persikabo.

Gol Persija disumbangkan Irfan Jauhari, Makan Konate, dan Braif Fatari. Konate menjadi bintang dengan sumbangan dua gol.

Baca laporan jalannya pertandingan di bawah ini.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Babak Pertama

Saat menghadapi Persikabo 1973, sejak menit awal Persija lebih mendominasi permainan. Pada menit keempat, bek kanan Marco Motta sudah punya peluang emas. Bermula dari tendangan sudut, bek asal Italia itu sukses menanduk bola. Tapi, bola masih belum menemui sasaran.

Dalam laga ini Persija menjajal trio lokal di lini depannya, Dony Tri, Irfan Jauhari, dan Riko Simanjuntak. Penyegaran dilakukan karena Marko Simic seperti kehilangan ketajamannya pada musim ini.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hasilnya, pada menit ke-22, Irfan mencetak gol pertama Persija. Bermula dari umpan silang Dony Tri, ada salah koordinasi antara Andy Setyo dan kiper Syahrul Fadillah. Keduanya berebut membuang bola, tapi justru Irfan mendapatkan bola itu dan tinggal menanduk bola ke gawang yang sudah kosong.

Situasi tidak banyak berubah setelah Persija unggul. Persikabo 1973 kesulitan membongkar pertahanan Persija. Maklum, mereka tidak diperkuat Ciro Alves, Aleksandar Rakic, dan Dimas Drajad. Padahal tiga pemain itu selama ini menjadi tumpuan utama Persikabo di lini depan untuk mencetak gol.

BACA JUGA:  23 Daftar Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Tanpa Elkan Baggott

Selain itu, Manahati Lestusen yang merupakan kapten utama Persikabo 1973 pun absen. Ini sangat memengaruhi ketajaman serangan Persikabo.

Pada pengujung babak pertama, Persija Jakarta mendapatkan beberapa peluang, termasuk lewat tembakan Makan Konate dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih bisa ditepis kiper Persikabo. Keunggulan satu gol Persija ini bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Persija Jakarta sepertinya belum puas dengan keunggulan ini. Mereka memasukkan striker Taufik Hidayat untuk menggantikan Dony Tri.

Pada menit ke-52, Persija nyaris menggandakan keunggulan. Sebuah akselerasi Makan Konate membuat pertahanan Persikabo 1973 terbuka. Umpan silang disambut Irfan, tapi tembakannya dari jarak dekat masih bisa dihalau Gilang Ginarsa menggunakan perutnya.

Pada menit ke-61, Persija menggandakan keunggulan lewat tendangan penalti Makan Konate. Penalti diberikan untuk Persija setelah bola gocekan Rohit Chand menyentuh tangan bek Persikabo, Andy Setyo.

Tertinggal dua gol, Persikabo mencoba melakukan tekanan. Situasi ini justru membuahkan celah di pertahanannya ketika Persija melakukan serangan balik. Hasilnya, pada menit ke-67 Persija mencetak gol ketiganya. Makan Konate kembali menjadi pencetak gol setelah menerima umpan matang Taufik Hidayat.

Persikabo 1973 baru membuat peluang pada menit ke-71. Umpan Pushnyakov membuat Munadi memiliki ruang tembak di kotak penalti Persija. Namun, bola masih bisa diselamatkan kiper Persija, Andritany, menggunakan kakinya.

BACA JUGA:  Jadwal Bola Hari Ini, 23 & 24 Desember 2022: Ada EPL, BRI Liga 1, & Piala AFF

Persija hampir menambah keunggulan pada menit ke-80. Riko Simanjuntak berhasil melewati kiper Persikabo, Syahrul Fadillah. Namun, penyelesaian akhirnya masih menyamping dari gawang. Satu menit berselang, Osvaldo Haay punya peluang emas ketika berhadapan dengan Syahrul. Namun, tendangan kerasnya bisa dihalau kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 itu.

Pada masa injury time, Persija masih bisa menambah keunggulan. Gol keempat diciptakan oleh pemain pengganti, Braif Fatari. Lini pertahanan Persikabo benar-benar dibuat repot serangan cepat Persija ketika mulai bermain terbuka.

Keunggulan 4 gol tanpa balas Persija ini bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini pun mengakhiri tren buruk Persija yang dalam tiga laga terakhirnya selalu mengalami kekalahan.

Dengan kemenangan ini, Persija Jakarta sekarang mengoleksi 41 angka dari 30 laga, dan naik ke peringkat tujuh klasemen sementara BRI Liga 1 2021-22. Sementara itu Persikabo 1973 berada di posisi 12 dengan koleksi 34 laga dari 31 laga.

Susunan Pemain

Persikabo 1973 (4-3-3): Syahrul Fadillah (kiper); Gilang Ginarsa, Andy Setyo, Shumeyko, Firza Andika (belakang); Didik Wahyu, Pushnyakov, Munadi (tengah); Hendra Bayauw, Hanis Saghara, Lucky Oktavianto (depan)

Pelatih: Liestiadi

Persija Jakarta (4-2-1-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Marco Motta, Rohit Chand, Ikhwan Tjiptadi, Rangga Widiansyah (belakang); Ichsan Kurniawan, Tony Sucipto; Makan Konate (tengah); Riko Simanjuntak, Irfan Jauhari, Doni Tri Pamungkas (depan)

Pelatih: Sudirman

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: