HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Makassar, 28 Mei 2024 – Himpunan Mahasiswa Terapi Gigi (HIMATERAGI) Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) mengadakan program Pengabdian Masyarakat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang.

Kegiatan ini meliputi pemeriksaan gigi dan mulut serta praktik menyikat gigi yang baik dan benar, khususnya ditujukan kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar di sekitar area TPA Tamangapa, dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kesehatan gigi serta mulut.

Acara yang berlangsung pada tanggal 28 Mei 2024 ini dibuka dengan sambutan dari Kaprodi Terapi Gigi, Zilal Islamy Paramma, drg., Sp.Ort.subSp. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kegiatan pengabdian ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan memberikan dedikasi kepada masyarakat. Mahasiswa HIMATERAGI diharapkan memberikan pelayanan dan pemeriksaan terbaik kepada anak-anak yang berada di TPA Antang.

- Iklan -
Baca Juga:  HMGF FMIPA Unhas Gelar Geofisika Peduli Sosial di Desa Lonjoboko
HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang
HIMATERAGI Fakultas Vokasi Unhas Gelar Kegiatan Pengabdian di TPA Antang

Kegiatan dimulai dengan pemberian materi tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan OHIS (Oral Hygiene Index Simplified) pre-test. Para mahasiswa mendampingi anak-anak dalam pemeriksaan awal untuk menilai kebersihan gigi dan mulut mereka.

Selanjutnya, anak-anak diberikan disclosing solution, sebuah cairan yang digunakan untuk mengungkapkan plak gigi. Dengan bantuan disclosing solution, anak-anak dapat melihat bagian gigi yang masih tertutup plak dan memerlukan pembersihan lebih lanjut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menyikat gigi dengan benar.

Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

Kegiatan pengabdian ditutup dengan praktek menyikat gigi yang baik dan benar. Anak-anak diberikan demonstrasi langsung serta kesempatan untuk mempraktikkan teknik menyikat gigi yang efektif. Aktivitas ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga memastikan bahwa anak-anak dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU