ADV A1

Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan Di Dunia Sepanjang 2021, Berkat Rakyatnya Gemar Menolong

FAJAR Pendidikan

Di balik masyarakat yang sangat beragam, Indonesia ternyata termasuk negara yang paling dermawan. Bahkan menurut Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2021, Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia.

Pencapaian ini sejalan  dengan data donasi online yang dirilis oleh Kitabisa, platform galang dana dan donasi online. Berdasarkan data sepanjang 2021, Kitabisa mencatat lebih dari 3 juta donatur berdonasi via aplikasi mereka, yang membantu lebih dari 36.000 galang dana sosial.

Hasil donasi ini didistribusikan ke berbagai inisiatif, di antaranya lebih dari 840.000 warga mendapatkan bantuan kebutuhan pokok, lebih dari 9.100 warga yang sakit terbantu biaya pengobatannya, serta lebih dari 3.400 pelajar dan mahasiswa mendapatkan bantuan biaya pendidikan.

Selain itu, merespons berbagai bencana alam di tahun ini, ratusan ribu orang baik patungan untuk bantu ribuan korban.

BACA JUGA :   Cacar Monyet atau Monkeypox Belum Ada Obatnya, Kenali Gelajanya dan Cara Antisipasinya

“Banyak peristiwa yang terjadi di luar kontrol kita, termasuk Pandemi Covid yang tidak berkesudahan ini, tapi yang pasti kita bisa kontrol bagaimana kita merespon peristiwa tersebut, dan kami jadi saksi kita bersama-sama merespons dengan solidaritas dan gotong royong”, ujar Alfatih Timur, CEO Kitabisa, dalam keterangan resminya.

Tidak cuma peduli kepada sesama manusia, Kitabisa juga mencatat setidaknya ada lebih dari 1.200 inisiatif untuk menolong anjing, kucing, serta hewan lainnya yang terbantu selama 2021.

Ada pun penyaluran dana zakat yang diterima melalui Kitabisa dan berkolaborasi dengan puluhan LAZ (lembaga amil zakat) telah membantu setidaknya 155.000 mustahik (golongan penerima zakat).

BACA JUGA :   Imbas Senggol IU di Red Carpet Cannes Film Festival 2022, Selebriti ini di Hujat Netizen

Berbagai gerakan sosial berbasis gotong-royong warga juga bermunculan sepanjang 2021, yang tercatat di Kitabisa.

Misalnya, inisiatif Warga Bantu Warga (pengumpulan informasi penting terkait Covid-19), Oxygen for Indonesia (distribusi ribuan konsentrator oksigen melalui kolaborasi puluhan perusahaan), hingga Kawal Masa Depan (patungan bantuan untuk anak yatim piatu karena Covid-19).

Sejumlah tokoh publik dan aktivis lain seperti Najwa Shihab, Ainun Najib, Kalis Mardiasih, dan Faiz Ghifari menginisiasi Kawal Masa Depan, gerakan membantu anak-anak yang yatim atau piatu karena pandemi covid-19.

Gerakan ini telah didukung 48 ribu donatur dan telah menyalurkan santunan dan bantuan biaya pendidikan ke lebih dari 600 anak yatim / piatu di 22 provinsi di Indonesia.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI