- Advertisement -

Ini Alasan Kenapa Kucing Takut Terkena Air

Benarkah Kucing takut dengan Air?, kadang kita melihat tentang kucing yang lari ketika akan terkena Air. Namun ada juga beberapa jenis kucing yang tidak takut dengan air loh!.

Meski begitu, para pemiliknya tetap rajin memandikan kucingnya supaya tetap sehat. Lantas, apa penyebab kucing takut air?.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Memang bukan rahasia lagi jika kucing sangat takut dan menghindari air. Hal ini dikarenakan warisan karakter dari leluhur mereka.

Dikutip dari laman Mental Floss, Direktur Yayasan Institut Antrozoologi di Universitas Bristol Inggris John Bradshaw mengatakan bahwa kucing memiliki fobia atau ketakutan leluhur untuk menjadi basah.

BACA JUGA:  Alasan Mengapa di Indonesia Hanya Ada Musim Hujan dan Kemarau

“Kucing rumahan adalah keturunan dari kucing liar Arab. Nenek moyang mereka tinggal di daerah dengan sedikit perairan. Mereka tidak pernah belajar berenang,” jelasnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketidaksenangan kucing ini kemudian berlanjut ke sensasi fisik yang tidak nyaman ketika disiram. Menurut Bradshaw, bulu berminyak pada kucing tidak dapat meneteskan air sehingga sulit untuk kering dan hangat kembali dalam waktu cepat.

Namun, Bradshaw mengatakan tidak semua kucing menghindari air. Salah satunya adalah kucing Van yang tinggal di dekat Pantai Danau Van, Turki Timur. Induk kucing ini justru mendorong anaknya masuk dan menyelam ke dalam air.

BACA JUGA:  Ini Alasan Mengapa Muncul Pelangi Setelah Hujan

Selanjutnya, penyebab kucing takut air dan tidak suka mandi karena sulit mengontrol tubuhnya saat berada pada permukaan basah dan licin, terlebih air membuat tubuhnya terasa lebih berat.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal ini sudah cukup membuat naluri kucing menjadi kacau. Kondisi ini tentu berbeda saat kucing dalam keadaan kering. Sahabat bulu dapat dengan mudah melarikan diri.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: