Jaga Hak Allah, Kita pun DijagaNya

Ada sebuah nasihat yang pernah disabdakan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, kepada sahabat yunior, Ibnu Abbas radyallahu anhuma.

Berikut potongan hadisnya. “Jagalah hak Allah, niscaya Allah akan menjagamu” (HR Tirmidzi no 2516 dan Ahmad no 1293).

Disebutkan dalam Jami Al Ulum wa Al Hikam (1:462). Yang dimaksud menjaga hak Allah, adalah menjaga batasan batasan, hak-hak, perintah dan laranganNya.

- Iklan -

Seseorang menjaganya dengan melaksanakan perintah Allah, menjauhi laranganNya dan tidak melampaui batas-batasanNya (berupa perintah maupun laranganNya).

Disebutkan dalam firman Allah, “Inilah yang dijanjikan kepadamu. Yaitu kepada setiap hamba yang selalu kembali kepada Allah, dan memelihara semua peraturan peraturanNya. Yaitu orang-orang yang takut kepada Tuhan yang Maha Pemurah dan sedang Dia tidak kelihatan (olehnya), dan Dia datang dengan hati yang bertaubat” (QS Qaaf 32:33).

Baca Juga:  Jalani Hidup dengan Sabar dan Syukur

Bentuk Menjaga Hak Allah

  1. Menjalankan salat. Bahkan ini adalah bentuk perkara yang harus dijaga.
  2. Menjaga bersuci. Karena bersuci adalah pembuka salat.
  3. Menjaga kepala dan perut. Bentuk menjaga kepala adalah menjaga pendengaran, penglihatan dan lisan dari berbagai keharaman. Sedangkan bentuk.menjaga perut adalah menjaga apa yang ada di dalamnya. Yaitu menjaga hati dari perkara haram. Serta menjaga perut dari dimasuki makanan dan minuman yang haram.
  4. Menjaga lisan dan “organ vital”. Belajar ilmu agama, sehingga bisa menjalankan ibadah dan muamalah dengan baik, serta berdakwah dengan ilmu untuk diajarkan pada yang lain.
  5. Balasan sesuai amal perbuatan. Barang siapa menjaga diri dengan melakukan perintah dan menjauhi laranganNya, maka ia akan mendapatkan penjagaan dari Allah Taala, sebagaimana dalam nasehat Rasulullah pada Ibnu Abbas.
Baca Juga:  Pengertian Puasa dan Kedudukannya

Itulah yang dimakaud al jazza min jinsil a’mal. Yaitu balasan sesuai dengan amal perbuatan. (kultum/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU