Jajan Terus Selama di Rumah? Ini Tips Mengontrol Keuangan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pademi virus corona telah membuat kita harus berdiam diri selama beberapa waktu di rumah. Alih-alih menikmatinya, banyak orang justru bosan dengan aktivitas yang terbatas dan monoton.  Alhasil, tak jarang masyarakat melampiaskannya dengan membeli jajanan lewat aplikasi online. Sebut saja martabak manis, bubble tea, donat, snack ringan, semuanya tentu membuat kita kembali bahagia selama di rumah saja. Bukannya semakin irit, keuangan Anda bisa tidak stabil bila tidak mengontrol pemborosan itu. 

Namun perlu dipahami bahwa jajanan tersebut selain bisa mengganggu kesehatan tubuh, juga dapat menguras dompet Anda. Agar hal ini bisa dikontrol, berikut adalah beberapa tips yang dapat dikerjakan seperti dilansir dari situs Health Line dan Medical News Today.

  1. Penuhi kebutuhan asupan dengan protein
    Selama di rumah saja, ada baiknya Anda mendahulukan makanan berat yang terdiri dari banyak asupan protein. Contohnya telur, daging, ikan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang bisa memenuhi kebutuhan protein pada tubuh, dapat mengurangi keinginan jajan hingga 60 persen di siang hari dan 50 persen di malam hari.
  2. Mencatat pengeluaran dan makanan yang mau dikonsumsi
    Untuk mencegah jajan berlebihan sehingga pengeluaran menjadi lebih besar, ada baiknya Anda mengatur keuangan dengan cara mencatat semua pengeluaran dan makanan apa yang sekiranya ingin dikonsumsi selama satu minggu ke depan. Ikutilah jadwal tersebut, maka Anda pun bisa mengontrol keinginan membeli sesuatu di luar kebutuhan.
  3. Minum banyak air putih
    Apabila jajanan yang Anda beli ditujukan untuk memenuhi kebutuhan perut, maka ada baiknya jika mencoba menggantinya dengan banyak minum air putih. Berdasarkan penelitian, perut yang keroncongan dan hasrat ingin mengkonsumsi jajan untuk mengisi perut sebenarnya juga tanda dari dehidrasi. Jadi cobalah minum terlebih dahulu sebelum membeli makanan ringan.
  4. Membatasi diri dari godaan
    Secara tidak sadar, apa yang kita lihat membuat diri menginginkannya. Contohnya sedang membuka media sosial dan melihat ada martabak manis, tentu ada hasrat untuk membelinya juga. Nah agar hal tersebut bisa dikendalikan, maka batasi diri Anda dari godaan semacam ini. Misalnya, hindari menonton tayangan makanan dan menggantinya dengan bacaan atau video seru lainnya. (WLD/*)
BACA JUGA :   8 Macan Sayuran Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Kandungannya
- Advertisement -

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: