Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Lengkap

FAJAR Pendidikan

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Lengkap. Teknologi informasi merupakan tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk memberikan sebuah informasi.

Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian teknologi informasi mulai dari Pengertian teknologi, Pengertian Teknologi menurut para ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Contoh. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk memberikan sebuah informasi. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan komputer serta peralatan modern, definisi teknologi informasi lebih luas yakni suatu teknologi yang fungsinya untuk mengolah data, serta memproses, mendapatkan data, menyusun data, menyimpan data, memanipulasi data dengan berbagai cara bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa para ahli mengenai Pengertian teknologi informasi, di antaranya :

1. Martin (1999)

Teknologi informasi bukan hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan dalam memproses & menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan suatu informasi.

BACA JUGA :   Pengertian Kiamat Sugra dan Kiamat Kubra dalam Agama Islam

2. Williams & Sawyer (2003)

TI merupakan teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi yang bisamembawa data, suara & video.

3. & Keen (1996)

Teknologi informasi merupakan himpunan atau seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan berbagai tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi.

4. Kamus Oxford( 1995)

Teknologi Informasi merupakan studi / peralatan elektronika, seperti komputer, guna menyimpan, menganalisa, serta mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan juga gambar.

5. Lucas (2000)

Teknologi Informasi merupakan keseluruhan dari bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses serta mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis

Tujuan Teknologi Informasi

Adapun tujuan dari tegnologi informasi yakni adalah menyelesaikan suatu masalah, mengembangkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi didalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Dengan adanya teknologi informasi bisa membuat manusia lebih mudah dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

BACA JUGA :   Pengertian Koloid Menurut Para Ahli, Pembuatan, Sifat, Jenis, Ciri dan Contohnya

Fungsi Teknologi Informasi

Banyak sekali fungsi tegnologi informasi diantaranya sebagai berikut :

  • Capture (Menangkap)
    Yakni maksudnya melakukan capture terhadap data dan juga informasi
  • ¬†Storage (Menyimpan)
    Yakni menyimpan data / informasi dalam bentuk media untuk kepentingan yang lain. Seperti hardisk, compact disk, disket, dan sebagainya.
  • Processing (Mengolah)
    Fungsi mengolah pada teknologi informasi yakni ialah memproses data yang telah diterima yang kemudian dijadikan suatu informasi. Pengolahan data dapat berbentuk mengubah data ke bentuk lainnya. Menganalisis kondisi, menghitung, menggabungkan semua dalam bentuk data & informasi
  • Transmission (Transmisi)
    Transmisi yakni ialah mengirim data dan juga informasi dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jaringan komputer.
  • Retrifal (Mencari Kembali)
    Yakni melaksanakan penelusuran untuk mendapatkan kembali atau menyalin data & informasi yang sudah disimpan.
  • ¬†Generating (Menghasilkan)
    Generating adalah mengorganisasi data & informasi ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI