Jenis-Jenis Preposition (Kata Depan) dalam Bahasa Inggris

Preposisi dalam bahasa Inggris dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi atau penggunaannya. Jenis-Jenis preposition dapat digunakan sesuai dengan konsep kalimat Bahasa Inggris yang akan ditulis maupun diucapkan.

Preposisi dalam bahasa Inggris adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan hubungan antara kata, frasa, atau klausa dalam suatu kalimat.

Preposisi sering kali menunjukkan hubungan spasial, temporal, atau logis antara dua atau lebih unsur dalam kalimat. Contoh preposisi dalam bahasa Inggris meliputi “in”, “on”, “at”, “under”, “over”, “between”, “among”, “before”, “after”, “beside”, dan lain-lain.

- Iklan -

Berikut adalah beberapa jenis preposisi dalam bahasa Inggris:

1. Preposisi Lokasi: Preposisi yang digunakan untuk menunjukkan lokasi atau posisi suatu objek dalam ruang. Contohnya: “in”, “on”, “at”, “under”, “behind”, “beside”, “between”, “among”, “above”, “below”.

Baca Juga:  Preposition, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Preposition

Contoh kalimat: “The cat is on the table” (Kucing itu ada di atas meja).

- Iklan -

2. Preposisi Waktu : Preposisi yang digunakan untuk menunjukkan waktu atau urutan kejadian. Contohnya: “at”, “on”, “in”, “before”, “after”, “during”, “since”, “until”, “for”.

Contoh kalimat: “I will see you at 7 o’clock” (Aku akan bertemu denganmu pukul 7).

3. Preposisi Gerakan : Preposisi yang digunakan untuk menunjukkan arah atau tujuan gerakan. Contohnya: “to”, “into”, “onto”, “across”, “through”, “towards”, “from”.

- Iklan -

Contoh kalimat: “She walked into the room” (Dia berjalan masuk ke dalam ruangan).

4. Preposisi Kepemilikan : Preposisi yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau hubungan antara dua objek. Contohnya: “of”, “with”, “about”.

Baca Juga:  Apa itu Sistem Rangka Manusia, Fungsi dan Bagian-Bagiannya?

Contoh kalimat: “The key to success is hard work” (Kunci kesuksesan adalah kerja keras).

5. Preposisi Agen : Preposisi yang menunjukkan siapa yang melakukan suatu tindakan. Contohnya: “by”, “from”.

Contoh kalimat: “The book was written by Mark Twain” (Buku itu ditulis oleh Mark Twain).

6. Preposisi Penyebab : Preposisi yang digunakan untuk menunjukkan alasan atau penyebab suatu kejadian. Contohnya: “because of”, “due to”, “owing to”, “as a result of”.

Contoh kalimat: “He was absent from school because of illness” (Dia tidak hadir di sekolah karena sakit).

Preposisi-preposisi ini sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menyampaikan informasi tambahan tentang posisi, waktu, arah, kepemilikan, atau hubungan antar objek dalam kalimat.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU