Keutamaan 10 Hari Terakhir di Bulan Ramadan

Di bulan Ramadan, ada 10 hari terakhir yang memiliki keutamaan, dibandingkam dengan hari-hari sebelumnya.

Hal tersebut berdasarkan hadist dari Aisyah RA, ” Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir (bulan Ramadan), melebihi kesungguhan beribadah di luar malam tersebut” (HR Muslim).

Rasulullah meningkatkan amal ibadahnya di 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

- Iklan -

Pertama, sepuluh hari terakhir merupakan pnutup bulan Ramadan yang penuh berkah. Setiap amalan manusia dinilai dari amalan penutupnya.

Kedua, 10 malam terakhir adalah malam malam yang paling dicintai Rasulullah.

Ketiga, kerinduan akan keindahan Lailatul Qadar atau malam kemuliaan yang keutamaan beribadahnya melebihi ibadah sepanjang 1000 bulan.

- Iklan -
Baca Juga:  Doa yang Terbaik

Keempat, Rasulullah memberikan contoh kepada umatnya, agar tisak terlena dalam mempersiapkan kebituhan hari raya, sehingga melupakan keutamaan beribadah di 10 hari terakhir.

Amalan yang Dilakukan Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadan

1. Memperpanjang salat malam. Rasulullah SAW biasa ketika memaauki 10 Ramadan terakhir ;beliau mengencangkan ikat pinggang (bersungguh sungguh dalam beribasah) menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah dan membangunkan isteri isterinya unruk beribadah.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

- Iklan -

2. Memperbanyak sedekah. Memberikan sedekah pada 10 hari terakhir bulan Ramadan yang memiliki keutamaan yang besar. Sedekah dapat membantu kebersihan hati dari sifat serakah dan membantu orang yang membutuhkan.

Baca Juga:  Hukum Bersedekah dengan Uang Haram

3. I’tikaf. Merupakan kegiatan berdiam diri di meajid dengan tujuan beribadah yang disertai dengan niat..i’tikaf diabnurkan seriap waktu tetapi lebih ditekankan memasuki 10 malam terakhir Ramadan.

Sebqgaimana penuntun Abdullah bin Umar RA “Rasulullah SAW beri’tikaf pada 10 hari bulan terklhir Ramadan” (HR Mutyafaq alaih).

4. Membaca Al-Quran. Membaca atau tilawah Al-Quran adalah ibadah yang ringan namun memiliki keutamaan yang besar.” Mukjizat Lailatul Qadar”. Saat membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan atau ibadah yang utama pada 10 hari terakhir Ramadan. (kultum/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU