Keutamaan Puasa 3 Hari Sebulan yang di Sebut Yaumul Bidh Jatuh pada Tanggal 13,14 dan 15

FAJAR Pendidikan

Keutamaan Puasa 3 Hari Sebulan yang di Sebut Yaumul Bidh Jatuh pada Tanggal 13,14 dan 15. Berikut ini keutamaan da niat puasa sunah Ayyamul Bidh yang dimulai sejak 13 Juni 2022.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam karena memiliki keutamaan yang sangat besar. Keutamaan yang akan didapatkan bagi setiap muslim jika mengerjakan puasa Ayyamul Bidh adalah pahalanya seperti berpuasa sepanjang tahun.

Keutmaan Puasa Yaumul Bidh :

Sebagaimana hadis dari Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam berikut ini

‘Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun. Kemudian Allah menurunkan ayat dalam kitabnya yang membenarkan hal tersebut: ‘Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. Satu hari sama dengan 10 hari’.” (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra)

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Jumat 30 September 2022: Panggilan dan Pembentukan Menurut Cara Allah

Puasa Ayyamul Bidh mulai dikerjakan sejak tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya dalam kalender Hijriyah. Untuk bulan Juni tahun 2022 ini, jadwal puasa Ayyamul Bidh akan bertepatan pada tanggal 13 – 15 Juni 2022.

Sebagaimana halnya dengan puasa lainnya, sebelum melaksanakan puasa Ayyamul Bidh umat Islam dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu. Selain untuk mendapatkan tambahan energi saat menjalani ibadah puasa di siang harinya, ternyata juga akan memperoleh keberkahan dari makan sahur itu sendiri.

BACA JUGA :   5 Bacaan Doa untuk Orang Meninggal

Niat puasa Ayyamul Bidh boleh dimulai sejak matahari terbenam sampai sebelum masuk waktu sholat subuh. Sebagian ulama berpendapat, khusus puasa sunah niatnya juga masih bisa dimulai pada pagi hari dengan syarat belum memakan dan meminum apapun sebelumnya.

Adapaun lafal niat puasa Ayyamul Bidh adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ

Artinya, ‘Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.’

Itulah Keutamaan Puasa 3 Hari Sebulan, keutamaan dan bacaan niat puasa Ayyamul Bidh yang sangat baik dilaksanakan untuk mendapatkan keutamaan puasa sepanjang tahun.***

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -