ADV A1

Kiat Atasi Rasa Bosan Saat Belajar di Rumah dari Duta Baca Makassar

FAJAR Pendidikan

Duta baca. Tak terasa yah sudah setahun lebih kegiatan belajar di sekolah harus dipindahkan ke rumah masing-masing karena pandemi covid-19. Ada yang sudah kangen sama sekolahnya?

Kangen suasana di ruang kelas? Kangen sama guru-gurunya atau teman-temannya? Atau kangen jajan di kantin? Walau sebagian besar, sekolah kini mengadakan PTM terbatas, namun, waktu belajar di sekolah belum maximal.

Mungkin juga sahabat sudah mulai bosan yah belajar dari rumah? Kali ini kami akan membagikan tips mengatasi kebosanan belajar dari rumah selama pandemi yang dilakukan oleh Diva, Duta Baca Periode 2019-2020.

Pemilik nama lengkap Diva Nurmala Ashary B itu, memiliki beberapa tips untuk mengatasi kebosanan saat harus belajar dari rumah. Diva biasanya meluangkan waktunya untuk melakukan aktivitas yang disukainya.

“Saya biasanya menyisipkan sedikit waktu luang untuk menonton film yang saya suka, membaca buku fiksi atau pun non fiksi, atau sekedar berselancar di dunia maya,” aku Diva.

Selain itu, Diva juga selalu menyempatkan untuk mengistirahtkan otak. Menurutnya, Sahabat harus memberi ruang bagi otak untuk beristirahat sejenak setelah mengikuti pelajaran secara daring dan juga setelah menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan bapak ibu guru. “Istirahat otak bisa sambil melakukan hobi yang teman-teman suka,” sarannya.

BACA JUGA :   Murid-murid SD Inpres Banta-bantaeng I Belajar Mendongeng

Remaja 17 tahun itu juga menyarankan untuk rajin berolahraga, selain untuk mengatasi kebosanan belajar dari rumah, untuk menyegarkan otak, juga untuk menjaga dan meningkatkan imunitas di tengah pandemi. “Kalau otaknya fresh, ‘kan pelajaran yang disampaikan bapak ibu guru bisa jadi mudah dimengerti dan dipahami,” terangnya.

Tips terakhir dari Diva yaitu tetap menjaga kesehatan. “Teman-teman harus menjaga kesehatan, karena sekarang ini ‘kan negara kita dan juga negara-negara di seluruh dunia sedang dilanda pandemi covid 19. Harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah biar kita semua bisa terhindar dari covid 19. Kalau sakitkan, akan menjadi penghambat juga untuk bisa ikut belajar,” tuturnya.

Pemilihan Duta Baca

Pada pengujung tahun 2019, Diva terpilih mewakil sekolahnya untuk mengikuti seleksi Duta Baca yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Sebelum terpilih menjadi Duta Baca Periode 2019-2020, Diva harus bersaing dengan puluhan siswa perwakilan dari sekolah lainnya. “Prosesnya lumayan yah kak. Yang pertama itu kita mengikuti TM (Technical Meeting), kedua kita mengikuti seleksi tertulis dan dari hasil seleksi tersebut, diambil 10 besar dan dari 10 besar itu lanjut ke tahap orasi dan tanya jawab,” jelasnya.

BACA JUGA :   SD Inpres Panaikang II/1 Bertekad Raih Adiwiyata Kota Makassar

“Tapi untuk orasi dan tanya jawabnya itu hanya berlaku 1-3 besar yang kemudian nantinya salah satu dari 3 besar itu akan terpilih menjadi duta. Dan Alhamdulillah saya masuk 3 besar yang kemudian saya harus orasi dan tanya jawab oleh tim juri. Dan yah akhirnya saya terpilih menjadi duta pelajar tingkat SMA,” ceritanya.

Dengan terpilihnya Diva sebagai Duta Baca Periode 2019-2020, Diva harus menjadi panutan untuk teman-teman sebayanya dan harus bisa mengajak teman-teman yang lain untuk meningkatkan minat baca.(KK)

Biodata

  • Nama Lengkap : Diva Nurmala Ashary B.
  • Nama Panggilan : Diva
  • Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 18 Juni 2003
  • Nama Orang Tu a :
    Ayah : Baharuddin
    Ibu : Sensepty Puji Rahayu
  • Hobi : Nyanyi, dance, nari
  • Cita-cita : Pengusaha
  • Sekolah : SMAN 20 Makassar

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI