Kunci Jawaban Kelas 4 SD dan MI Tema 1 Halaman 127 Subtema 2 tentang Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Kunci Jawaban Kelas 4 SD dan MI Tema 1 Halaman 127 Subtema 2 tentang Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung
Kunci Jawaban Kelas 4 SD dan MI Tema 1 Halaman 127 Subtema 2 tentang Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Bahan ajar tematik Tema 1 terdiri dari 4 Subtema yang dibagi menjadi Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6. Kunci Jawaban Kelas 4 SD dan MI Tema 1 Halaman 127 Subtema 2 tentang Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung.

Artikel kali ini menyajikan kunci jawaban buku temarik Kelas 4 SD dan MI Halaman 127 Tema 1 Subtema 2 tentang kebersamaan dalam keberagaman.

Kunci jawaban Kelas 4 SD dan MI Tema 1 Subtema 2 halaman 127

Paragraf 1

Gagasan pokok: Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.

Gagasan pendukung:

  1. Semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan.
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak.
  4. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu.
  5. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2

Gagasan pokok: Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir tapi hanya Edo dan Martha yang belum terlihat.

Gagasan pendukung:

  1. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat.
  2. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi.
  3. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan.
  4. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan.
  5. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah pagi Edo dan Martha yang beragama Katolik.
BACA JUGA :   25 Contoh Soal Perkalian Matematika Kelas 2 SD Lengkap Kunci Jawaban

Paragraf 3

Gagasan pokok: Siang hari sekolah semakin ramai dna kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dnegan hiasan merah putih buatan siswa sekelas.

Gagasan pendukung:

  1. Begitu pun kelas Udin dan terlihat Edo dan Martha yang menyusul datang ke sekolah setelah selesai ibadah pagi di gereja.
  2. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas.
  3. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampiran kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih.
  4. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin dan Siti, serta teman-teman lain yanag beragama Islam menjalankan ibadahnya.
  5. Edo, Martha, Dayu, serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.
BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Pembelajaran 1 Halaman 123 127 128 129 Subtema 3 Lengkap

Ringkasan cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang:

Hari Minggu semua siswa datang ke sekolah untuk menghias kelas karena Kepala Sekolah memberikan informasi bahwa Senin da lomba menyambut hari kemerdekaan. Hari Jumat Udin dan teman-teman sudah membagi tugas membuat hiasan. Minggu pagi semua siswa telah datang, namun Edo dan Martha menyusul setelah pulang Sekolah Minggu di gereja.

Pada siang hari setiap kelas sudah terlihat meriah dengan hiasan yang dibuat para siswa. Saat Zuhur tiba, Siti dan Udin izin untuk ibadah sholat Zuhur. Sehingga, Edo, Martha, Dayu dan yang tidak sholat melanjutkan pekerjaan. Menjelang sore, semua kelas sudah selesai dihias berkat kerja sama yang dilakukan tanpa melihat perbedaan sebagai penghalang.