Kunci Jawaban Soal Ujian Sekolah Kelas 12 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013

FAJAR Pendidikan

38. Menyelesaikan konflik-konflik di berbagai belahan dunia. Pasukan Garuda merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam bendera PBB yang bertugas sebagai “Peace Keeping Force”. Berdasarkan ilustrasi tersebut peran yang telah dilakukan Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia yaitu ….
A. Presiden Soekarno mengirimkan kontingen Garuda III untuk membantu PBB dalam menyelesaikan konflik di Mesir
B. Brigjen TNI S. Sumantri memimpin kontingen Garuda XI untuk menyelesaikan konflik di Vietnam
C. Brigjen TNI Harsoyo memimpin kontingen Garuda VIII untuk menyelesaikan konflik di kawasan Teluk
D. Wiyogo Atmodarminto memimpin kontingen Garuda IV untuk menyelesaikan konflik di Kongo
E. mengirimkan kontingen Garuda II yang dipimpin oleh Letkol Inf. Solichin untuk menyelesaikan konflik di Kongo

Jawaban: E

39. Demontrasi pada tahun 1997 – 1998 dipicu oleh anggapan bahwa pemerintah gagal menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Hal tersebut dilihat dari…
A. Krisis moneter yang tidak segera terselesaikan
B. Indonesia terjerat hutang yang banyak
C. Banyak perusahaan asing yang memonopoli harga
D. Praktik KKN yang banyak dilakukan pejabat negara
E. Norma masyarakat semakin rendah

Jawaban: A

40. ASEAN adalah organisasi regional bangsa-bangsa Asia Tenggara yang bergerak di bidang ekonomi, geopolitik dan budaya. Dalam kegiatan ASEAN tersebut Indonesia mampu memainkan peran sebagai pemimpin Asia Tenggara, terutama pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Indonesia memiliki peranan yang cukup penting di dalam perkembangan ASEAN, di mana Indonesia merupakan salah satu penentu arah perkembangan organisasi tersebut. Contoh peran Indonesia dalam ASEAN menjadi penengah saat terjadinya konflik antara Kamboja dan Vietnam tahun 1987. Konflik ini dapat diselesaikan melalui Konferensi Paris tahun 1991 di mana kedua negara menyepakati adanya perjanjian damai. Dari deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia ….
A. dapat menyelesaikan konflik yang terjadi di berbagai dunia
B. mampu menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara
C. dapat menyelesaikan permasalahan ASEAN tanpa bantuan
D. bekerjasama dengan negara lain dalam mewujudkan kesejahteran
E. mampu mewujudkan suatu stabilatas nasional melalui keadilan

BACA JUGA :   10 Liter Berapa kg? Begini Cara Hitungnya

Jawaban: E

Soal Uraian Ujian Sekolah Sejarah Peminatan Kelas 12 SMA Tahun 2022

1. Catatan kejadian-kejadian secara singkat dari waktu ke waktu secara berurutan di sebut kronik. Periodisasi merupakan pembabakan waktu dalam sejarah berdasarkan dimensi ruang, waktu dan tema tertentu. Sedangkan urutan peristiwa yang di mulai dari peristiwa yang paling awal terjadi sampai yang terakhir terjadidi sebut Kronologi. Tuliskan contok kronologi dari Pristiwa Proklamasi!
Jawaban:
Pergantian BPUPKI menjadi PPKI pemanggilan Ir.Soekarno-Hatta ke Saigon peristiwa Rengas Dengklok perumusan teks proklamasi

2. Manusia purba hidup secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, peralatan yang dihasilkan masih sangat sederhana. Bila bahan makanan di suatu daerah mulai habis, mereka akan berpindah ke tempat yang baru yang masih banyak memiliki kandungan bahan makan. Apakah penyebab Manusia purba tersebut berpindah-pindah?
Jawaban:
Karena manusia purba tersebut masih tergantung dengan alam

3. Cara penyebaran Agama dan kebudyaan Islam di Indonesia berlangsung melalui berbagai saluran, sebutkan saluran-saluran penyiaran agama Islam di Indonesia.
Jawaban:
Yaitu dengan saluran perdagangan, perkawaainan, pendidikan budaya, dakwah dan tasawuf

4. Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalan diplomasi diadakan Perjanjian Linggarjati yang berlangsung pada tanggal 15 November 1946 di Linggarjati, Cirebon. Dalam perundingan tersebut, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir, sedangkan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhom, hadir pula Lord Killearn sebagai penengah dari Inggris. Jelaskan mengapa Perjanjian Linggajati Indonesia mengalami kerugian dan berikan contoh kerugiannya.
Jawaban:
Dari hasil perjanjian linggarjati wilayah Indonesia semakin sempit, yakni Belanda hanya mengakui Kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa, Madura dan Sumatera, hubungan Indonesia dan Belanda menjadi tidak baik yang akhirnya memicu permusuhan.
Contoh kerugianya; hasil sidang PPKI 19 Agustus wilayah Indonesia 8 propinsi menjadi 3

5. Pada tanggal 25 Oktober 1999 Presiden Abdurrahman wahid & Wapres Megawati Soekarno Putri setelah berhasil terpilih sebagai orang nomer 1 di Indonesia selanjutnya berhasil membentuk kabinet. Sebutkan kabinet yang dibentuk oleh Abdurrahman wahid & Wapres Megawati Soekarno Putri!
Jawaban:
Kabinet Persatuan Nasional

BACA JUGA :   Rumus Gaya Gesek : Pengertian, Jenis-jenis, Rumus dan Contohnya

*)Disclaimer: Artikel ini hanya sebagai panduan bagi siswa.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI