ADV A1

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Subtema 4 Hidup Bersih dan Sehat, Pembelajaran 6 Halaman 199, 201, 202, dan 204

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 4 Kelas 2 SD/MI di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Tema 4 berjudul Hidup Bersih dan Sehat. Pertemuan 4 dimulai dari halaman 198 sampai 205.  Pembahasan kunci jawaban berada pada halaman 199, 201, 202, dan 204.

Pada pertemuan 4 ini, materi yang dibahas antara lain ‘membaca lancar teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan tempat umum’, ‘menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan tempat umum’, ‘membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan tempat umum’, ‘menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu dalam keberagaman’, ‘mensimulasikan contoh pengalaman melakukan kegiatan persatuan dalam keberagaman’, dan ‘menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola’. Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Berikut penjabaran kunci jawaban Tema 4, Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum: ‘Sahabat Bumi’ untuk adik-adik Kelas 2 SD/MI.

Dayu dan teman-teman berkunjung ke Taman Nasional Ujung Kulon. Taman nasional ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi.

Kunci Jawaban Halaman 199

Ayo Membaca

BACA JUGA :   Latihan Soal UNBK Bahasa Inggris untuk SMP Lengkap Pembahasannya

Bacalah teks berikut dengan nyaring!

Flora dan Fauna Lestari, Manusia Akan Sehat

Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.

Apa isi teks yang telah kamu baca?
Jawaban:
Kelestarian flora dan fauna wajib dijaga supaya kehidupan dan kesehatan manusia tidak terganggu.

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga tumbuhan dan hewan di sekitarmu?
Jawaban:
– Menghentikan pembakaran dan penebangan hutan secara liar
– Menghentikan perburuan hewan liar.

Ayo Mengamati

Tuliskan 2 cara menjaga agar tanaman tumbuh subur!
Jawaban:
Menyiram tanaman secara rutin dan memberi pupuk organik.

Tuliskan 2 cara menjaga agar hewan di sekitarmu tetap sehat!
Jawaban:
Memberi makan hewan secara rutin dan membersihkannya.

Amati gambar di bawah ini dengan teliti!

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 5, Halaman 52 55 56 57 59 60

Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar di atas?
Jawaban:
Gambar 1 memberi makan hewan supaya sehat, gambar 2 menyiram tanaman supaya subur.

Kunci Jawaban Halaman 200

Ayo Menulis

Amati gambar! Amati juga tumbuhan dan hewan di sekitarmu! Tuliskan bagaimana cara menjaga tumbuhan dan hewan di sekitarmu agar tetap sehat!

Jawaban:

Cara Menjaga Tumbuhan dan Hewan di Sekitar Agar Tetap Sehat

Tumbuhan dan hewan perlu dijaga dan dirawat. Tumbuhan dirawat dengan menyiram, memupuk, dan menyiangi secara rutin. Merawat tumbuhan dapat membuatnya hidup subur dan segar. Hewan dirawat dengan cara memberi makan, minum, membersihkan kandang, memeriksakan ke dokter jika sakit. Hewan akan hidup dan tumbuh dengan sehat.

Coba bacakan tulisanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Ayo Mengamati

Amati gambar di bawah dengan teliti!

Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman? Sikap apa yang mereka tunjukkan? Dayu dan teman-teman merawat taman kelas bersama. Mereka selalu menerapkan kebersamaan. Kebersamaan merupakan wujud persatuan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI