Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah, Pembelajaran 6 Halaman 88,89,91

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Pembelajaran 6, Subtema 2, Tema 4, untuk Kelas 5 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menjadikan kunci jawaban ini pedoman dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah, Tema 4 Sehat Itu Penting. Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 87 sampai 92. Sementara itu, untuk pembahasan soal terdapat pada halaman 88, 89, dan 91.

Materi pada pembelajaran 6 ini meliputi ‘memperagakan gerak dengan pola lantai dan properti tari’, ‘menyebutkan ciri-ciri, isi, dan amanat pantun’, dan ‘menjelaskan makna tanggung jawab’.

- Iklan -

Nah, mari kita simak bersama kunci Jawaban Buku Tema 4 Kelas 5 Halaman 88, 89, dan 91, Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut!

Waktu belajar di kelas lima hampir satu semester. Meskipun baru di semester 1, Siti dan teman-teman berkumpul untuk berdiskusi membicarakan rencana pentas seni akhir semester 2. Siti dan teman-teman berkumpul di sebuah pendopo yang cukup besar, letaknya di tengah kota.

Ternyata, pendapa itu bagian dari bangunan yang ada di sekitar sekolah seni. Di pendapa itu banyak orang berlatih tari. Mereka menggunakan properti tari dalam memperagakan gerak tarinya. Di pendapa itu pula Siti dan teman-temannya sering berlatih menari.

- Iklan -
Baca Juga:  Pengertian Penduduk dan Warga Negara beserta Perbedaannya

Ayo Mengamati

Amati gerak-gerak tari dengan mengenakan properti berikut! Amatilah juga pola lantai pada kedua gerak. Pola lantai apa yang terbentuk?

- Iklan -

Ayo Berlatih

Praktikkan kedua gerak pada gambar di atas. Praktikkan secara berulangulang sampai kamu menguasai gerak tersebut. Praktikkan dengan pola lantai dan properti yang sesuai. Setelah kamu menguasai gerak itu, peragakan di depan guru dan teman-temanmu. Percaya dirilah saat kamu memperagakan gerak

Kunci Jawaban Halaman 88 dan 89

Ayo Berkreasi

Buatlah gerak tari dengan pola lantai. Kamu boleh menggunakan properti. Buatlah gerak dengan hitungan 2 x 8 saja. Uraikan gerak dan gambarlah pola lantai pada kolom berikut.

Jawaban:

Siti dan teman-teman sepakat, pada acara pentas seni akan mementas tarian dengan properti. Lina dan Dayu yang akan menari dan ada tiga anak lain yang akan menyanyi untuk mengiringi tarian. Mereka akan bersamasama menyiapkan acara pentas tersebut.

Setiap anak harus bertanggung jawab atas tugas yang mereka sepakati. Sebagai contoh, Siti, Lina, Dayu akan bertanggung jawab menyiapkan busana tari yang akan digunakan. Udin dan Edo bertanggung jawab atas kebersihan tempat untuk berlatih tari.

Ingatkah kamu arti tanggung jawab? Pernahkah kamu diberi tugas? Apakah kamu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan kepadamu? Apa wujud tanggung jawabmu atas tugas itu? Coba tuliskan jawaban dari semua pertanyaan tersebut pada kolom berikut.

Baca Juga:  Mengapa Kupu-kupu Hinggapnya di Pohon Bunga?

Jawaban:

Tanggung jawab memiliki  arti sikap atau perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas atau kewajiban yang harus dilakukan. Saya pernah diberi tugas. Saya bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada saya. Saya mengerjakan tugas tersebut sesuai yang diperintahkan dengan sungguh-sungguh sampai selesai.

Kunci Jawaban Halaman 89

Ayo Menulis

Tanggung jawab adalah…

Jawaban:

Tanggung jawab adalah sikap atau perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas atau kewajiban yang harus dilakukan.

Nama kegiatan:
Piket Kelas

Tugas untukku:
Menyapu dan mengepel ruang kelas, Membersihkan sampah di dalam serta di luar kelas dan membuangnya

Wujud tanggung jawabmu terhadap tugas:
Melakukan tugas piket dengan sungguh-sungguh.

Selain olahraga, menggerakkan badan dengan menari juga menyehatkan. Siti selalu bersyukur atas kesehatan tubuhnya. Siti, Dayu, dan teman-temannya akan membuat gerak tari menirukan kupu-kupu terbang.

Mereka akan menggunakan properti berupa selendang dan membuat berbagai pola lantai. Hari itu juga, Siti dan teman-temannya membuat gerak tari dengan properti selendang dan berbagai pola lantai. Berikut di antara gerak yang dibuat Siti dan teman-temannya.

Ayo Berkreasi

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU