ADV A1
ADV B1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Sikap Kepahlawanan, Pembelajaran 4 Halaman 117, 118, 119, 121, dan 122

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kunci Jawaban Kelas 4 SD/MI berikut merupakan pembahasan yang bisa adik-adik jadikan pedoman untuk materi pembelajaran 4 halaman 117 sampai 122.

Materi yang dibahas antara lain ‘membandingkan informasi sebelumnya dengan yang ditemukan’, ‘menghubungkan sikap-sikap kepahlawanan dan nilai-nilai Pancasila’, dan ‘melakukan percobaan perpotongan garis sejajar’.

-ADV C2 -

Materi tersebut terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Tema 5 Pahlawanku, Subtema 3 Sikap Kepahlawanan.

-ADV C3 -

Kunci jawaban ini merupakan pembahasan dari soal yang terdapat pada halaman 117, 118, 119, 121, dan 122. Dengan demikian, pembahasan ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Halaman 117 dan 118

Ayo Membaca

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2, Subtema 2 Pengalamanku di Sekolah, Pembelajaran 2 Halaman 76, 78, 80, dan 81
-ADV C4 -

Sebelum kita pelajari lebih lanjut. Tulislah hal-hal yang kamu ketahui tentang hari pahlawan!
Jawaban:
Hari Pahlawan ditetapkan bertepatan dengan pertempuran tanggal 10 November di Kota Surabaya. Pertempuran pertama setelah Indonesia Merdeka, dan menjadi salah satu pertempuran yang paling dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia.

Bacalah teks berikut!

Bung Tomo

Sutomo, yang lebih dikenal dengan sapaan akrab Bung Tomo, adalah seorang pahlawan. Beliau terkenal karena perannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk menantang kembalinya penjajah Belanda yang membonceng tentara NICA. Perlawanan itu diakhiri dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Bung Tomo adalah tokoh populer pada peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya. Beliau merupakan pembakar semangat juang rakyat untuk bertempur sampai titik darah penghabisan.

BACA JUGA :   5 Rukun Islam dan 5 Rukun Iman Dengan Penjelasannya

Beliau berjuang mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Berdasarkan teks di depan tulislah informasi mengenai Hari Pahlawan.
Jawaban:
Hari pahlawan jatuh pada tanggal 10 November. Hari pahlawan diperingati untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Bandingkan informasi awal yang kamu tulis sebelumnya dengan sekarang. Apa kesimpulanmu?
Jawaban:
Kesimpulanku :
Hari Pahlawan ditetapkan bertepatan dengan pertempuran tanggal 10 November di Kota Surabaya. Pertempuran pertama setelah Indonesia Merdeka, dan menjadi salah satu pertempuran yang paling dahsyat yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia.

-ADV C5 -

ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI