Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 2, Halaman 57 59 60 61

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4, Subtema 2 pembelajaran 2, Halaman 57 59 60 61. Kunci jawaban membahas tentang pembelajaran 2 yang dimulai dari halaman 57 sampai 62.

Kunci jawaban membahas soal yang terdapat pada halaman 57, 59, 60, dan 61, pembelajaran 2, Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.

Kunci jawaban Tema 7 Kelas 4 ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 57

Ayo Mengamati

Lihatlah peragaan tari daerahmu, baik secara langsung maupun melalui rekaman video. Fokuslah untuk memerhatikan gerak para penari.

1. Bagaimana formasi para penari?
Jawaban:
Video yang saya amati adalah tari Gending Sriwijaya dari Sumatera Selatan formasi para penari membentuk garis lurus dan diagonal.

2. Bagaimana arah hadap gerak penari selama peragaan tari? Jelaskan hasil pengamatanmu dalam bentuk gambar sederhana, lalu peragakan.
Jawaban:

Ayo Membaca

Pola Lantai Gerak Tari

Saat penari memeragakan suatu tarian, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seolah-olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis imajiner ini juga dapat kita gambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari dapat membentuk formasi garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk formasi garis ini dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

BACA JUGA :   Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai juga merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung.

Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima.

Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Perhatikan gambargambar berikut.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 59

Tugas

Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari”, kerjakan tugas berikut.

1. Tuliskan kembali pengertian pola lantai menggunakan bahasamu sendiri. Usahakan agar orang lain memahami dengan mudah saat membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.
Jawaban:
Pola lantai tari adalah garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari.

2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.
Jawaban:

Pada teks “Pola Lantai Gerak Tari’ terdapat foto Tari Legong. Penari Tari Legong membawa kipas. Kipas digunakan sebagai penunjang gerak tari dan unsur keindahan penampilan tari.

BACA JUGA :   Pengertian Aksioma dan Teorema Lengkap Syarat dan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan kipas saat udara panas. Namun, saat ini manusia telah banyak menggunakan kipas angin atau alat pendingin ruangan. Kipas angin dan alat pendingin ruangan merupakan contoh alat elektronik, yaitu alat yang bekerja menggunakan listrik.

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 7 Halaman 59

Ayo Bercerita

Pada Pembelajaran 1, kamu mendapat tugas ini.

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.
Jawaban:
Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas. Listrik statis dapat diamati pada kertas menempel pada penggaris plastik. Sedangkan .istrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalirk. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar

2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.
Jawaban:
– Listrik statis terjadi ketika terbentuknya petir saat hujan
– Gosokan kain sutra dengan kaca
– Gosokan batang plastik dengan kain wol
– Tangan didekatkan dengan layar Televisi
– Saat menyisir rambut akan terbawa berdiri sendiri seiring dengan gerakan sisir
– Debu yang tertempel pada layar tv
– Penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI