Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Pembelajaran 1, Halaman 100 101 103 104 107 108 110 111 112 113

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Pembelajaran 1, Halaman 100 101 103 104 107 108 110 111 112 113 Kelas 4 SD/MI pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, Tema 9 Kayanya Negeriku, Subtema 3 Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia.

Kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu adik-adik dalam mempelajari Tema 9. Bagi orang tua dan guru juga berguna untuk mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 100 dan 101

Ayo Mengamati

Amatilah gambar-gambar berikut ini!

Apa komentar atau pendapatmu melihat gambar-gambar di atas?
Jawaban:
Pendapat saya adalah ada beberapa kegiatan manusia yang dapat merugikan dan menguntungkan dalam pelestarian lingkungan sekitar.

Menurutmu, gambar manakah yang menunjukan usaha pelestarian lingkungan alam ?
Jawaban:
Menurut saya gambar A dan D menunjukkan usaha pelestarian alam,

Menurutmu, gambar mana sajakah yang menujukkan perilaku merusak lingkungan alam?
Jawaban:
Menurut saya gambar B dan C menunjukkan perilaku merusak lingkungan alam

Jelaskan perilaku dan kegiatan manusia bisa berdampak positif maupun negatif terhadap lingkungan!
Jawaban:
– Gambar A menunjukkan masyarakat yang sedang bekerja bakti membersihkan saluran air. Saya sangat setuju, dengan kerja bakti tersebut berdampak positif karena kebersihan lingkungan tetap terjaga.
– Gambar B memperlihatkan seseorang yang sedang menebang pohon secara sembarangan. Saya tidak setuju karena kegiatan tersebut berdampak negatif bagi lingkungan. Lingkungan akan rusak akibat penebangan liar.
– Gambar C memperlihatkan seseorang yang sedang berburu burung dengan menggunakan senapan. Saya tidak setuju karena perburuan hewan liar berdampak negatif terhadap lingkungan. Perburuan liar dapat mengganggu pelestarian alam.
– Gambar D memperlihatkan seorang bapak dan anaknya sedang menanam pohon. Saya sangat setuju dengan tindakan ini karena berdampak positif bagi lingkungan. Dengan menanam pohon akan menjaga melestarikan alam.

Bangsa kita memiliki kekayaan dalam bentuk keragaman sumber daya. Kesemuanya itu harus dilestarikan agar kehidupan masyarakat Indonesia tetap bisa berjalan baik dan seimbang serta selaras dengan lingkungan. Lalu, bagaimanakah caranya?Sudahkah kamu melakukannya?

BACA JUGA :   Pengertian Puisi Kontemporer, Ciri, Jenis, Unsur Lengkap Contoh

Beni tahu betapa pentingnya lingkungan alam dan sumber daya alam bagi kehidupan manusia. Sekarang dia jadi mengerti dan sadar bagaimana harus berperilaku terhadap lingkungan agar dapat memanfaatkan sumber daya alam.

Ayo Membaca

Pemanfaatan Alam oleh Manusia

Kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan. Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup), secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya.

Sekali manusia melakukannya dengan sembarangan, kerusakan lingkungan yang terjadi akan menyebabkan kerusakan lingkungan berikutnya.

Manusia memanfaatkan lingkungan abiotik yaitu tanah dengan melakukan penggalian untuk mendapatkan bahan tambang yang berguna untuk berbagai keperluan. Batu bara, adalah salah satunya. Selain itu, berbagai jenis bahan logam mulia bernilai tinggi pun ditambang.

Emas dan perak merupakan salah satu bahan tambang logam mulia yang paling banyak dicari karena nilainya tinggi. Bahan tambang lain yang diambil dari bagian dalam lapisan bumi adalah nikel, timah, dan bauksit.

Tidak hanya lingkungan abiotik yang dimanfaatkan manusia. Hampir semua jenis tumbuhan dan hewan juga dimanfaatkan oleh manusia. Ada dua jenis hewan yaitu hewan peliharaan dan hewan liar yang hidup bebas di hutan.

Manusia membudidayakan beberapa jenis hewan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti ayam, sapi, beberapa jenis ikan, dan lainnya.

BACA JUGA :   Jenis-jenis Penelitian: Pengertian dan Contohnya

Hewan-hewan yang tidak dibudidayakan, dan hidup bebas di hutan seringkali diburu manusia. Ada yang diburu untuk diambil kulitnya, bulunya, atau bagian tubuh lainnya seperti cula badak dan gading gajah.

Perburuan manusia yang tidak terkendali menyebabkan menurunnya populasi hewan tersebut secara drastis. Apabila hal tersebut dibiarkan, hewan tersebut akan mengalami kepunahan.

Demikian halnya dengan beberapa jenis tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang menjadi sumber makanan manusia, obat, dan peralatan rumah tangga, ditanam dan dibudidayakan. Beberapa tumbuhan mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi, misalnya pohon jati dan pohon cendana.

Tekstur kayu yang bagus dan kokoh pada kayu pohon jati sangat disukai para pembuat mebel. Kayu cendana mempunyai aroma yang khas dan diburu banyak orang untuk pembuatan minyak wangi, hiasan, kipas tangan, dan pigura.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 103

Ayo Berlatih

Buatlah pertanyaan dari bacaan di atas menggunakan beberapa kata tanya. Tuliskan pertanyaanmu pada Kartu Tanya berikut!

– Siapa yang menyebabkan kerusakan lingkungan?
Jawaban:
Penyebab kerusakan lingkungan adalah manusia.

– Kapan manusia melakukan kerusakan lingkungan?
Jawaban:
Manusia melakukan kerusakan lingkungan saat memenuhi kebutuhannya.

– Mengapa kegiaan manusia untuk memenuhi kebutuhannya seringkali menyebabkan kerusakan lingkungan?
Jawaban:
Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam secara berlebihan tanpa memikirkan akibatnya.

– Apa saja bagian-bagian alam yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhanya?
Jawaban:
Manusia memanfaatkan seluruh bagian alam, baik abiotik (tak hidup) maupun biotik (hidup).

– Bagaimana manusia memanfaatkan lingkungan abiotik tanah?
Jawaban:

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI