Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Pembelajaran 5, Halaman 139 140 141 142 143 144

FAJAR Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Pembelajaran 5, Halaman 139 140 141 142 143 144 SD/MI/. Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya Pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 139 sampai 144.

Tema yang dibahas yaitu Tema 9 Kayanya Negeriku, Subtema 3 Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 9 Kelas 4 berikut. Semoga kunci jawaban ini juga dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 139 dan 140

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kedua gambar tersebut !

Amatilah ilustrasi dua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaanpertanyaan berikut

1. Coba jelaskan perubahan lingkungan alam yang tampak pada gambargambar di atas!
Jawaban:
Perubahan yang terjadi pada gambar adalah hutan lebat yang menjadi hutan yang gundul

2. Menurutmu, apa yang menjadi penyebab dan yang menjadi dampak perubahan alam pada gambar di atas?
Jawaban:
Penyebabnya adalah orang yang menebang pohon secara berlebihan dan tidak melakukan reboisasi.

3. Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari perubahan tersebut!
Jawaban:
Hutan yang gundul mengakibatkan makhluk hidup yang tinggal di hutan menjadi tidak mempunyai tempat tinggal serta persediaan air akan berkurang karena berkurangnya hutan.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 140

Ayo Berlatih

BACA JUGA :   10 Liter Berapa kg? Begini Cara Hitungnya

Carilah informasi dan data tentang contoh perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!
Jawaban:

CONTOH PERUBAHANBENTUK-BENTUK PERUBAHAN
KEADAAN SEBELUMNYAKEADAAN SEKARANGFAKTOR PENYEBABDAMPAK YANG DITIMBULKAN
POSITIFNEGATIF
Pemanasan global atau global warmingPerubahan iklim dan cuaca terjadi secara teraturPerubahan iklim dan cuaca tidak menentu, suhu di bumi meningkatMemanasnya suhu bumi yang diakibatkan adanya kerusakan lapisan ozonNaiknya permukaan air laut dan petani gagal panen karena musim tidak menentu
Tanah longsorJalan umum tidak tertutup timbunan tanah ataupun pepohonan.Jalan menjadi rusak, rumah-rumah warga menjadi rusakPenebangan  liar tidak diikuti penanam kembaliRusaknya jalan menyebabkan kemacetan serta jatuhnya korban harta dan jiwa
PenghijauanHutan gundul akibat penebangan liarHutan menjadi hijau dan sumber air terjagaKegiatan penghijauan mengembalikan fungsi hutanHutan kembali berfungsi dan sumber air tetap terjaga
Membersihkan aliran sungaiAir sungai terhambat aliranya karena sampahAir sungai mengalir lancar dan tidak terjadi banjirSungai yang bebas sampah aliranya lancarAliran sungai normal dan banjir tidak terjadi

Ayo Membaca

BACA JUGA :   5+ Ciri-Ciri Bakteri Cyanobacteria (Bakteri Hijau Biru), Cara Hidup Dan Habitatnya

Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan.

Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alam tersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana. Hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI