Senin, Desember 6, 2021

LAM PT-Kes Visitasi Prodi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan Asesmen Lapangan Daring dalam rangka re-akreditasi Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari (30/10-01/11) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Asesmen Lapangan Daring ini dibuka oleh Rektor Unhas. Dalam sambutannya Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan bahwa FKM merupakan salah satu fakultas yang berkontribusi besar terhadap peningakatan publikasi Unhas.

“Saya berharap visitasi re-akreditasi PSD-IKM ini berjalan dengan  baik dan memeroleh hasil dengan predikat unggul,” harap Prof Dwia.

Turut hadir Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas (Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes., M.Med. Ed.) beserta jajarannya, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM., M.Kes), para Guru Besar FKM Unhas, Dosen, Tenaga Kependidikan, Tim Taks Force serta Mahasiswa S3 FKM Unhas.

Pada kesempatan ini Tim Asesor LAM-PTKes yang melakukan visitasi re-akreditasi adalah Dr. Dra. Dewi Susanna, M.Kes (Universitas Indonesia) dan Dr. Mohammad Zen Rahfiludin, SKM., M.Kes (Universitas Diponegoro).

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pengenalan profil Fakultas Kesehatan Masyarakat secara umum yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat secara khusus yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Usai pengenalan dilanjutkan dengan wawancara secara panel kepada dosen, mahasiswa, alumni, tenaga kependidikan dan stakeholder.

Hari kedua (31/10) asesor menilai  sarana dan prasarana melalui live report aplikasi zoom meeting dan selanjutnya melakukan penilaian dokumen dan menyampaikan saran serta masukan terhadap kelengkapan dokumen re-akreditasi yang kemudian diberikan umpan balik oleh Tim Task Force.

Di hari terakhir (01/11) asesor kemudian menyampaikan berita acara asesmen lapangan daring dan rekomendasi pembinaan akreditasi program studi doktor.

Tim asesor kemudian merekomendasikan perlu dilakukannya pembukaan kelas internasional, kerjasama penelitian dengan universitas luar negeri penerima hadiah Nobel atau 100 Top Ranking Dunia dan pertukaran mengajar dan mahasiswa serta visiting professor dengan melihat kualitas SDM PSD-IKM yang mumpuni.

Sebelum kegitan ditutup, Dekan FKM Unhas (Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes) menyampaikan bahwa rekomendasi yang berikan oleh Tim Asesor dijadikan perhatian untuk pengembangan mutu dan kualitas akademik.

Guru besar FKM Unhas (Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M. Kes) juga menyampaikan apresiasinya terhadap Tim Asesor yang telah melakukan visitasi selama tiga hari ini.

Terakhir Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Asesor serta seluruh pihak yang terlibat dalam Asesmen Lapangan Daring ini dan menutup kegiatan secara resmi.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI