Lepas 1000 Wisudawan, Rektor UNM Berpesan Jangan Berhenti Berproses dan Terus Belajar

FAJAR Pendidikan

Populer

MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar Wisuda Periode September 2022. Wisuda ini berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (20/9/2022).

UNM melepas sebanyak 1000 wisudawan. Di antaranya 789 orang program kependidikan dan 213 orang program non-kependidikan.

- Advertisement -

Lulusan yang diwisuda pada hari ini diikuti oleh berbagai program dan jenjang studi. Program Doktor 15 orang, Program Magister 154 orang, Program Sarjana 798 orang, dan Program Diploma 33 orang.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dalam pidato wisudanya merasa yakin bahwa para wisudawan yang telah menempuh pendidikan di UNM bisa menjadi seseorang yang terbaik ditengah masyarakat.

“Kami yakin dan percaya bahwa setelah anda kami tempuh dan tempa, kami bina dan membimbing berdasarkan bidang studi yang ada, bahwa anda pasti bisa menjadi orang yang terbaik di dalam keluarga dan masyarakat untuk memberikan sumbangsih pengabdian,” kata Prof Husain Syam.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP FKM Unhas Turut Serta dalam Rapat Perencanaan Program PKM Bontobahari Tahun 2023

Guru besar bidang Teknik Pertanian itu menyampaikan setelah ini masih banyak lagi jenjang pendidikan kedepan. Ia juga berharap agar jangan berhenti dititik sekarang, karena ini adalah sebuah terminal dalam menuju kesuksesan.

“Termasuk wisudawan doktor tidak boleh berhenti belajar, siapa yang mencoba berhenti dalam proses belajar maka dia akan digilas zaman,” terang Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Sulsel ini.

“Saya berpesan bahwa era saat ini persaingan sangat ketat, jenjang S1 saya kira tidak cukup untuk mencari pekerjaan. Bersaing diluar sana sangat berat dan proses pendidikan sangat menentukan itu,” tambahnya.

Sementara itu, turut hadir Ketua Umum IKA UNM, Nurdin Halid. Dalam sambutannya ia menyampaikan kepada wisudawan bahwa hari ini bukan akhir dari sebuah kehidupan, tetapi merupakan awal untuk memasuki dunia nyata yang penuh dengan tantangan.

“Ilmu yang anda dapatkan di UNM merupakan modal awal menuju dunia nyata ditengah masyarakat yang sangat besar akan persaingan. Saya yakin seribu wisudawan hari ini bisa menjadi agen perubahan dan harus memiliki jiwa yang dinamis, kaya akan kreasi dan inovasi,” ucapnya.

BACA JUGA :   Fakultas Vokasi Unhas Teken Perjanjian Kerja Sama dengan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya

Pada wisuda kali ini Program Pascasarjana mencetak wisudawan terbanyak yaitu sejumlah 169 orang. Disusul oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Matematika (FMIPA) sebanyak 160 orang, kemudian diperingkat ketiga pencetak wisuda terbanyak yaitu Fakultas Teknik (FT) sebanyak 148 orang.

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebanyak 127 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) sebanyak 113 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) sebanyak 92 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 88 orang, Fakultas Bahasa dan Sastra 58 orang, Fakultas Psikologi (FPsi) sebanyak 28 orang, dan Fakultas Seni dan Desain sebanyak 17 orang.

Dengan demikian, jumlah lulusan UNM hingga saat ini sebanyak 147.972 orang. Terdiri dari 133.851 lulusan program kependidikan dan 14.121 lulusan program non kependidikan.

- Advertisement -

ARTIKEL TERKAIT