Lokakarya Kurikulum dan Persiapan Akreditasi Reguler Prodi S2K3 FKM Unhas Tahun 2022

FAJAR Pendidikan

Lokakarya kurikulum dan persiapan akreditasi reguler oleh Program Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dimulai hari Jumat 10 Juni 2022 hingga Sabtu 11 Juni 2022.

Kegiatan yang dilakukan di Ballroom Cendana Hotel Gammara Makassar ini, dihadiri oleh Pimpinan FKM Unhas dan jajaran nya, para Dosen Departemen K3 FKM Unhas, para stakeholder dari pemerintahan, perusahaan dan organisasi profesi, serta mahasiswa prodi magister K3 dan alumni jurusan K3.

Lokakarya dibuka Dr Aminuddin Syam, SKM MKes MMedEd selaku Dekan FKM Unhas.

Dalam sambutannya, Aminuddin mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah perumusan masalah K3 yang menjadi fakta di lapangan untuk menjadi bahan penyempurnaan kurikulum S2K3.

Selain itu, output kegiatan ini dapat menjembatani terjalin-nya kolaborasi antara stakeholder dan fakultas kesehatan masyarakat khususnya prodi magister K3 dalam pengembangan keilmuan K3 di masyarakat.

Beberapa stakeholder yang menghadiri kegiatan lokakarya ini seperti Balai Besar Pengembangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (BBPK3), PT. Gapura Angkasa, PT. IKI (Persero), Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, RSUD Wahidin Sudirohusodo, AHKKI Sulawesi Selatan, RS Tadjuddin Chalid dan lainnya.

BACA JUGA :   Kuliah Tamu di IAIN Bone Hadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta

Sejalan dengan itu, Prof Dr dr Syamsiar S Russeng, MS selaku ketua prodi magister K3 juga menegaskan bahwa lokakarya ini untuk menyikapi persiapan akreditasi regular yang membutuhkan beberapa dokumen termasuk dokumen Kerjasama/MOU dengan para stakeholder.

Ketua Departemen K3, Prof. Yahya Thamrin, SKM MKes MOHS PhD juga memberikan sambutan pada pembukaan lokakarya.

Yahya mengungkap kebanggaan-nya kepada Pimpinan FKM Unhas atas berdirinya Prodi Magister K3 ini.

Katanya, Prodi S2K3 merupakan prodi pertama di luar jawa, dan ketiga di Indonesia, sehingga prodi S2K3 menjadi cerminan dan primadona di Indonesia Timur.

“Ini tentu menjadi suatu kebanggaan dan menjadi tanggungjawab moral untuk kami. Sehingga di era kolaborasi ini, kami meminta support dari stakeholder dalam mengembangkan keilmuan K3 di Indonesia khususnya Indonesia Bagian Timur,” jelas Ketua Departemen K3 FKM Unhas.

BACA JUGA :   Jadi Tuan Rumah Rakenas Forum Wakil Rektor II se-Indonesia, UNM Sambut dengan Tarian Khas Makassar

Lokakarya hari pertama ini menyajikan materi Penyusunan Kurikulum dan Akreditasi Prodi FKM Unhas yang disampaikan oleh Ansariadi, SKM MScPH PhD.

Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Prodi S2K3 yang membawakan materi tentang kurikulum Prodi S2K3.

Sebagaimana output yang diharapkan, lokakarya ini menghasilkan banyak masukan dan saran dari peserta untuk perbaikan dan penyempurnaan kurikulum S2K3 ke depannya.

Ketua Panitia, Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM MKes mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberi dukungan demi terlaksananya kegiatan ini.

Lokakarya dilanjutkan dengan kerja mandiri oleh masing-masing tim akreditasi, kemudian akan dilakukan pembahasan secara detail terkait pemenuhan kebutuhan akreditasi pada materi esok hari yang akan disampaikan oleh Dr Ridwan M Thaha, MSc.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI