Monday, July 13, 2020

Mahasiswa FKM Unhas Ikut Magang Perkuat Skill Pengendalian Resiko Lingkungan

Makassar, FajarPendidikan.co.id – Mahasiswa Kesehatan Lingkungan (FKM) Unhas magang di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar sejak tanggal 3 September 2018 sampai 5 November 2018. Kegiatan magang ini ditutup dengan seminar hasil magang di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar. Kamis, 8 November 2018.

Seminar hasil magang yang dilakukan untuk memaparkan hasil kegiatan magang yang telah mahasiswa  lakukan dan juga sebagai momentum untuk saling berdiskusi dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Kegiatan seminar ini, selain dihadiri mahasiswa yang magang, juga dihadiri oleh  Kepala Bagian, Kepala Bidang, kepala seksi, staf pegawai KKP, serta dihadiri juga supervisor dari kampus.

Dalam sambutannya, Muh Fajaruddin Natsir, SKM.,M.Kes, supervisor sekaligus dosen FKM Unhas, menjelaskan bahwa kegiatan magang  ini merupakan mata kuliah wajib dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat menambah pengalaman di dunia kerja dan sekaligus dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan.

“Tujuan dari magang ini kita berharap agar mahasiswa dapat merasakan langsung bekerja pada suatu intitusi, mendapatkan pengalaman kerja, dan juga mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan dibangku perkuliahan,” jelas Fajar.

“Pengalaman magang di tempat ini, sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena bisa menambah skill mereka mengenai pengendalian resiko lingkungan, yang merupakan sklill yang penting untuk dimiliki sarjana kesehatan lingkungan,” tambahnya.

Dalam seminar magang ini, mahasiswa memaparkan kegiatan yang telah mereka lakukan selama magang berupa kegiatan pokok dalam hal hygiene, sanitasi dan pengendalian vektor binatang penular penyakit yang meliputi pengambilan dan pemeriksaan sampel makanan, pengambilan dan pemeriksaan air, pemeriksaan sanitasi kapal, trapping, identifikasi pinjal, pemasangan racun tikus, survey jentik Anopheles dan Aedes aegypti, inspeksi TPM, inspeksi visual kecaok dan pemantauan kepadataan lalat.

Selain itu juga, kegiatan mahasiswa magang ini juga turut berpartisipasi membantu korban bencana dari Palu, Sulteng  yaitu melalui pemeriksaan sampel makanan untuk korban bencana alam dan pencatatan data pengungsi di Landasan Udara Posko Galaktika.

Pihak KKP sendiri sebagai institusi tempat magang sangat mengapresiasi mahasiswa magang, dan berharap ini bisa berkesinambungan.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Unhas yang memilih KKP menjadi salah satu tempat magang mahasiswa karena kehadiran mahasiswa bisa membuat warna baru di KKP, dan kami berharap ini berkesinambungan,” Kata Nirwan SKM., M.Kes, Kepala Bagian Tata Usaha KKP Makassar.

“Kehadiran mahasiswa magang bukan beban institusi, tetapi bisa memperluas cakupan kerja institusi, dan membantu kerja-kerja staf dan pegawai,” tutup Nirwan. (FP)

 

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

OPINI : Kasus Covid Meningkat, Akibat Pelonggaran Kebijakan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemerintah mengatakan anggaran kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang sebesar Rp 87,55 triliun tidak akan bertambah hingga akhir tahun walaupun kasus...

Penulis Novel Kelahiran Sidrap Serahkan Karyanya ke Perpustakaan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lewat chat WhatsApp, penulis novel S. Gegge Mappangewa mengabarkan kepada Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar akan mengirimkan bukti terbit...

Sebulan Dikepung Banjir, Warga Kelurahan Tempe Mulai Mengeluhkan Kurangnya Air Bersih

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ratusan orang terpaksa meninggalkan rumah-rumah dan lahan-lahan pertanian mereka untuk menghindari banjir di Kabupaten Wajo. Pihak berwenang memerintahkan warga...

Lantamal VI Gelar LDD SIMAK BMN T.A 2020

Makassar, FAJARPENDIDIDKAN.co.id - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) gelar Latihan Dalam Dinas (LDD) Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik...

Cegah Covid-19, Sejumlah Ruang Pertemuan di Mapolres Bone Disemprot Disinfektan

Bone, Fajarpendidikan.co.id- Polres Bone melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah ruang pertemuan kantor, Senin (13/07/2020). Sejumlah tempat yang dilakukan penyemprotan...

REKOMENDASI