Thursday, May 28, 2020

Sah! Prodi Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja Jadi Prodi Baru di FKM Unhas

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (MKKK) telah sah jadi program studi (prodi) baru di FKM Unhas.

Dengan demikian, FKM Unhas kini telah memiliki tiga prodi magister setelah sebelumnya terdapat Prodi Kesehatan Masyarakat dan Administrasi Rumah Sakit.

Pengesahan Magister K3 ditetapkan sebagai prodi melalui Rapat Paripurna Terbatas Majelis Wali Amanat (MWA) pada Rabu, 20 Mei 2020 yang dipimpin langsung oleh Ketua MWA Unhas Komjen Pol. (Purn) Drs Syafruddin, M.Si mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI.

“Penetapan Prodi MKKK sebagai prodi baru merupakan hal yang telah lama ditunggu oleh berbagai pihak, bukan hanya oleh tim task force dalam hal ini para akademisi K3 FKM Unhas, melainkan juga para alumni yang ingin lanjut S2 K3 dan praktisi K3 di lapangan,” jelas Yahya Thamrin, SKM,M.Kes,MOHS,Ph.D sebagai Ketua Departemen K3 FKM Unhas.

Hal ini, kata Yahya, menjawab kebutuhan masyarakat untuk tenaga managerial K3 di tempat kerja.

“Momentum penetapan ini sangat penting karena bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020 sehingga diharapkan K3 di Indonesia Timur juga bisa bangkit,” katanya.

Ketua Tim Task Force Magister K3 FKM Unhas, Dr dr Syamsiar S Russeng, MS mengatakan bahwa Prodi Magister K3 akan menerima tidak hanya alumni dengan latar belakang kesehatan, namun juga alumni dari berbagai bidang ilmu, mengingat K3 dibutuhkan oleh multidisiplin ilmu di tempat kerja.

Sebelumnya, pengusulan Magister K3 sebagai prodi melalui beberapa tahap review yaitu GPM FKM Unhas, LPMPP Unhas, Senat Akademik Unhas dan MWA Unhas.

Ditemui di tempat berbeda, Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM., M Kes, M Med Ed. mengatakan, ikhtiar pengusulan Magister K3 sebagai prodi telah dilakukan sejak dua periode Dekan FKM Unhas yang lalu.

“Alhamdulillah periode ini bisa disahkan mengingat peminat Prodi Kesmas peminatan K3 menunjukkan trend peningkatan sejak dibuka tahun 2014,” ungkap Dekan FKM Unhas.

Senada dengan Dekan, Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan SDM Dr Atjo Wahyu, SKM, M.Kes mengatakan, Prodi MKKK juga akan menjadi salah satu prodi magister di FKM Unhas favorit di Unhas.

Setelah ditetapkan oleh MWA, Prodi MKKK akan menunggu surat penetapan dari Rektor Unhas untuk dapat menerima calon mahasiswa baru.

Rapat yang dilakukan melalui aplikasi zoom meeting itu turut dihadiri oleh para anggota MWA, Dekan FKM Unhas, dan Tim Task Force Magister K3 FKM Unhas. (FP)

- Advertisement -

TERKINI

Perkuat Ukhuwah Makhluqiyah Jadi Tema Halalbihalal Virtual UIN Alauddin Makassar

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keluarga besar UIN Alauddin Makassar menggelar Halalbihalal virtual dengan mengusung tema, “Memperkuat Ukhuwah Makhluqiyah Menghadapi Pandemi Covid 19” via...

Jajaran Lantamal VI Lanal Kendari Rapid Test Massal Pengguna Jasa Pelabuhan Bungkutoko

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah kota...

Langgar SOP Covid-19, Kasat Lantas Polres Barru Panggil Oknum Kapus

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapolres Barru Akbp Welly Abdillah, melalui Kasat Lantas Polres Barru Akp Mariana Taruk, memanggil untuk mengkonfirmasi salah satu oknum...

Dongkelor Spesial Indahnya Idul Fitri Bersama Kak Heru

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, walaupun selepas hari lebaran sebagian dari kita telah beraktivitas, namun suasana kehangatan Idul Fitri masih terasa apalagi...

REKOMENDASI