Mahasiswa Komunikasi Unismuh Rintis Lembaga Pers Kampus

Para mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar merintis rencana pembentukan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM). Inisiatif pendirian LPM ini telah dilaporkan oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Syukri kepada Dekan Fisip Unismuh Makassar, Ihyani Malik di ruang kerjanya, Rabu siang, 7 Mei 2023.

Saat melaporkan rencana pembentukan LPM ini, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Syukri didampingi dosen mata kuliah jurnalistik, Muhammad Yahya serta mahasiswa pengelola LPM, Farah Kirana Putri serta Nur Apni.

Pada kesempatan itu, Dekan Fisip, Ihyani menyambut positif dan mengapresiasi atas rencana pembentukan LPM bagi para mahasiswa ilmu komunikasi.

- Iklan -

Kehadiran LPM itu, tegas doktor ilmu administrasi publik PPs-UNM ini, secara langsung akan menjadi wadah tempat bagi mahasiswa praktik menulis dan mengasah keterampilan pada dunia jurnalistik.

Baca Juga:  Bela Negara dan Capacty Building GenBI Wilayah Sulawesi Selatan

Media tempat praktik bagi para mahasiswa dalam era kekinian sangat dibutuhkan karena akan menjadi wadah belajar dan paktik pengetahuan praktis yang kelak akan berguna bagi mahasiswa dan menjadi modal ketika memasuki dunia kerja.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, Syukri pada kesempatan itu melaporkan bahwa pembentukan LPM ini berawal dari mata kuliah kewirausahaan jurnalistik yang diampuh Muhammad Yahya, sebelum jadi dosen berprofesi sebagai wartawan pada media cetak Harian Pedoman Rakyat Makassar.

- Iklan -

Salah satu karya praktik mata kuliah ini adalah memproduksi media cetak dan para mahasiswa itu berhasil menerbitkan 6 majalah kampus, masing-masing bernama; Simetris, Cretis, Ikom20ne, Ikomers, Milenial Info, Mediakom.

Baca Juga:  Bermula Dari Ide PKM Menjadi Kunci Bisnis Sukses, Apa Itu PKM Mahasiswa

Lewat karya-karya mahasiswa itu kemudian diinisiasi untuk membentuk LPM dan para mahasiswa setelah berkomunikasi dengan pihak prodi komunikasi, maka LPM diberi nama IKOMPOST dan media yang diterbitkan ini akan launcing perdana bertepatan Milad Unismuh ke-60, pada 19 Juni 2023.

Pimpinan Redaksi IKOMPOST, Farah Kirana Putri menambahkan, rencana penerbitan perdana majalah mahasiswa sedang dipersiapkan pihak redaksi dengan mengusung laporan utama soal ilmu komunikasi Unismuh yang kini menuju prodi impian.

- Iklan -

“Selain itu, juga akan memberitakan jejak prestasi para dosen dan mahasiswa ilmu komunikasi yang mulai beroperasi sejak 2015 selaku prodi pendatang baru dan kini terus mengalami pertumbungan dan perkembangan yang luar biasa,” katanya. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU